Sekolah Pascasarjana UNISA Dimulai September

Kuningan, Ciremainews – Universitas Islam Al-Ihya Kuningan telah membuka Sekolah Pascasarjana Program Magister Pendidikan Agama Islam (PAI). Program tersebut akan dimulai pada semester ganjil tahun akademik 2020-2021 atau sekitar September, di kampus Cigugur, Jl. Mayasih No. 11 Cigugur, Kuningan.

Menurut Direktur Pascasarjana Unisa, Dr. H.M. Ali Rahmat, MA., program tersebut dimulai setelah keluar keterangan dari BAN-PT, bahwa Unisa merupakan lembaga yang sudah memenuhi syarat untuk menyelenggarakan Program Magister (S2) Studi Pendidikan Agama Islam. Selain itu, ada juga izin yang dikeluarkan Kementerian Agama Republik Indonesia pertanggal 23 Desember 2019.

“Pascasarjana ini kami hadirkan sebagai pusat pengembangan ilmu keislaman dan sumber daya manusia yang unggul, kompetitif sebagai insan ulul Albab,” kata Ali Rahmat, Senin (3/8/2020)

Untuk mencapai tujuan tersebut, lanjut Ali, program pascasarjana Unisa akan menyelenggarakan pendidikan yang efektif dan profesional; mengembangkan studi dan penelitian tentang ilmu keislaman berbasis multiculturalsm education; menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berdasarakan hasil riset dan kajian. Menurutnya, hal itu dilakukan pascasarjana Unisa sebagai bentuk kepedulian terhadap kemajuan sumber daya manusia di daerah dan negara.

“Kami juga siap membuka kerjasana dengan pihak lain yang saling menguntungkan untuk pengembangan lembaga dan sumber daya manusia.” ujarnya.

Lebih lanjut Ali menjelaskan, secara general Sekolah Pascasarjana dapat dihayati sebagai unit pelaksana akademik yang berfungsi menyelenggarakan dan/atau mengoordinasikan program pendidikan magister, program doktor, program magister terapan, program doktor terapan, dan program lain sesuai dengan kewenangannya.

“Untuk saat ini kami baru memulai kelas magister PAI atau S-2 yang lulusannya akan menyandang gelar M.Pd.” tuturnya.

Terpisah, Kaprodi S-2 PAI, Dr. Iman Subasman, M.Si, menerangkan, Sekolah Pascasarjana Unisa memiliki beberapa tujuan yakni menghasilkan magister dalam ilmu pendidikan Islam dan berbagai disiplin ilmu pendidikan lainnya, menguasai konsep dan memiliki wawasan yang luas dalam bidangnya serta memiliki kepribadian dan daya saing yang dapat ditampilkan pada tingkat nasional maupun internasional.

Kemudian, menghasilkan karya-karya penelitian yang bermutu dan dipublikasikan nasional maupun internasional; menghasilkan karya-karya pengabdian kepada masyarakat yang memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat; meningkatkan kapasitas program dan reputasi akademik di tingkat nasional dan internasional; dan meningkatkan kapasitas manajemen dan sumber daya yang mendukung lingkungan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu.

“Kami sudah memulai pogram pendaftaran calon mahasiswa S2 PAI gelombang pertama pada bulan Juli 2020 terhitung sejak tanggal 1 April dan registrasi tanggal 16 s.d. 25 Juli 2020. Sekarang masih kami buka tahap pembukaan pendaftaran gelombang kedua,” kata Iman.

Menurutnya, nformasi lengkap mengenai Sekolah Pascasarjana PAI Unisa dapat diakses di website www.spmb.unisa.ac.id. Selain itu, bagi calon mahasiswa S2, keterangan lebih lanjut dapat diperoleh melalui layanan telepon di (0232) 873186, 0853-5173-2221, dan 0896-5891-6051 atau bisa datang langsung ke panitia pendaftaran di lantai 2 kampus Cigugur