UNIKU : FKIP Gelar Kuliah Umum

Ciremai News

Kuningan, ciremainews – Sebagai salah satu langkah awal untuk membekali mahasiswa baru, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku) menggelar kegiatan akademik dengan menyelenggarakan kuliah umum. Kuliah umum yang bekerjasama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKIP, bertemakan “Pendekatan Resolusi Konflik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Baru FKIP Universitas Kuningan” dilakukan secara daring menggunakan aplikasi zoom.

Kegiatan kuliah umum tersebut, dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi SE. M. Si., pada Rabu (21/10/2020).

Kuliah umum yang mendatangkan narasumber dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Prof. Dr. Elly Malihah. M. Si. dan Dekan FKIP Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Yeyen Suryani, M.Pd., dengan diikuti oleh 300 orang mahasiswa baru FKIP Uniku.

Dekan FKIP Uniku Dr. Yeyen Suryani, M.Pd., dalam sambutannya, mengatakan, kuliah umum ini merupakan salah satu kegiatan akademik pertama yang setiap tahunnya diselenggarakan oleh FKIP Uniku secara konsiten.

“Kita secara konsisten selalu menyelenggarakan kegiatan kuliah umum ini diawal perkuliahan sebagai salah satu upaya untuk membekali mahasiswa baru FKIP Uniku,” tuturnya.

Menurutnya, kuliah umum kali ini banyak menguraikan tentang konflik yang sering terjadi di kehidupan mahasiswa dan cara pemecahan masalahnya.

“Dari kuliah umum ini, diharapkan mahasiswa dapat menjadi Agent Of Change dan social control harus mampu menanamkan critical thinking dalam memecahkan masalahnya,” harapnya.

Sedangkan, Prof. Eli yang merupakan dosen UPI Bandung, memaparkan, setiap zaman memiliki masalah dan setiap zaman memiliki cara tersendiri untuk menyelesaikan masalah.

“Untuk itu, kita perlu melakukan pendekatan resolusi konflik untuk meningkatkan pemecahan masalahnya,” tuturnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., mengatakan, pertama yang ingin saya sampaikan adalah apresiasi kepada FKIP yang selalu konsisten menyelenggarakan kuliah umum diawal perkuliahan sebagai upaya untuk membekali mahasiswa baru FKIP.

“FKIP merupakan Fakultas di Uniku yang pertama tahun akademik ini yang menyelenggarakan kegiatan kuliah umum diawal perkuliahannya. Semoga, Fakultas-Fakultas lainnya mengikuti jejak langkah yang dilakukan FKIP Uniku untuk meyelenggarakan kegiatan kuliah umum bagi mahasiswa barunya,” tuturnya.

Dikdik berharap, kuliah umum yang diselenggarakan setiap tahun ajaran baru itu, diharapkan dapat menjadi bekal untuk mahasiswa dalam melaksanakan perkuliahan.

“Semoga, dapat menjadi bekal bagi mahasiswa baru dalam melaksanakan perkuliahan. Mari kita sama-sama berdoa, semoga pandemic covid 19 ini segera berakhir agar kita bisa bertatap muka secara langsung di Aula FKIP maupun di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I Uniku,” harapnya. (dra)