Uniku Segera Gelar Seminar Internasional “UNISET”

Dalam upaya meningkatkan kinerja Perguruan Tinggi, Universitas Kuningan (Uniku) akan menggelar Seminar Internasional “UNISET” yang akan digelar pada Sabtu (12/12/2020). Seminar Internasional ini dibagi menjadi 2 (dua), yaitu UNIKU International Con­fe­rence on Social Science untuk bidang Sosial dan UNIKU International Con­fe­rence on Environment and Technology untuk bidang Eksakta. LaunchingSeminar Internasional ini digelar Rabu (05/08/2020) bertempat di Ruang Rapat Gedung Rektorat Universitas Kuningan. Dengan digelarnya launching Seminar Internasional ini, pe­serta sudah bisa melakukan abstract submission me­lalui laman uniset.uniku.ac.id.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Uniku, Oding Syafrudin, M.M., mengatakan Seminar Internasional menjadi salah satu ajang desiminasi hasil penelitian dosen.

“Salah satu tugas dosen adalah mendesiminasikan hasil penelitiannya melalui media Jurnal Ilmiah atau Prosiding. Maka, forum seminar internasional ini menjadi ajang desiminasi hasil-hasil penelitian yang dilakukan oleh Dosen Uniku. Rekam jejak dosen dapat dilihat dari berapa banyak publikasi yang dimiliki sehingga nantinya dapat terlihat pula kompetensinya dibidang apa. Contohnya, ketika orang mau melihat kepakaran Dr. Suwari Akhmaddhian.S.H, M.H., maka dengan mengakses Sinta dan Google Scholar dapat diketahui rekam jejak publikasinya pada jurnal ilmiah maupun prosiding,” ungkapnya.

Selanjutnya, Ketua Panitia Seminar International yang juga merupakan Wakil Rektor I Uniku, Dr. Anna Fitri Hindriana, M.Si., menyampaikan Seminar Internasional ini akan diisi oleh Narasumber yang ahli dibidangnya.

“Yang menjadi Keynote Speaker dalam Seminar Internasional ini adalah Dirjen Dikti, Kemendikbud, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., Ph.D., dan Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemendikbud, Prof. drh. Aris Junaidi, Ph.D., serta 4 (empat) narasumber lainnya yang berasal dari 4 negara, yaitu India, Thailand, Malayasia, dan Indonesia. Kegiatan ini akan digealr pada 12 Desember 2020. Jadi, silahkan kepada dosen-dosen Uniku untuk segera mempersiapkan artikel yang akan dipresentasikan dalam forum ini,” himbaunya.

Sementara itu, Rektor Uniku, Dr. H. Dikdik Harjadi, S.E., M.Si., menyampaikan UNISET merupakan Seminar Internasional pertama di Uniku yang berbasis output prosiding terindeks Scopus dan WoS.

“UNISET merupakan Seminar Internasional Pertama di Uniku yang berbasis outputprosiding yang terindeks Scopus dan Web of Science. Sehingga, forum ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi dosen-dosen pada umumnya dan dosen Uniku secara khusus,” tuturnya.

Lebih jauh, Dikdik mengungkapkan selain menjadi ajang desiminasi hasil penelitian, Seminar Internasional ini juga menjadi media komunikasi dengan mitra Uniku.

“Selain menjadi ajang deseminasi hasil penelitian, Seminar Internasional ini juga merupakan media komunikasi dengan mitra-mitra Uniku yang sudah melakukan kerjasama selama ini. Mitra-mitra Uniku dapat berkolaborasi menjadi bagian dalam kegiatan seminar ini serta media promosi Kabupaten Kuningan ke pihak luar,” ungkapnya. (red)