headlineJabarnesiaKabupaten Kuningan

Bantuan Ekonomi Produktif Diberikan kepada 7 Kelompok Desa Penyangga Gunung Ciremai

CiremaiNews.com, Kuningan – Penjabat Bupati Kuningan, Dr. Drs. H. Raden Iip Hidajat, M.Pd., secara langsung menyerahkan bantuan usaha ekonomi produktif kepada 7 kelompok dari 7 Desa penyangga Gunung Ciremai di Kabupaten Kuningan. Total bantuan mencapai 245 juta rupiah.

Bantuan tersebut disalurkan di Kampung Pasundan Cisamaya, Desa Pasawahan, dan diterima oleh kelompok tani, koperasi, kelompok tani ternak, dan kelompok tani hutan. Tujuan dari bantuan ini adalah untuk mendorong penguatan ekonomi dan peningkatan pendapatan masyarakat desa penyangga Gunung Ciremai, Senin (26/02/2024).

Pj Bupati Kuningan saat memberikan sambutan dalam sosialisasi dan penyerahan bantuan ekonomi produktif.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Iip Hidajat menyampaikan terima kasih kepada Balai Taman Nasional Gunung Ciremai atas bantuan yang diharapkan dapat mengoptimalkan destinasi wisata di wilayah tersebut. Iip juga menekankan prinsip ekologi, ekonomi, dan keseimbangan dalam pengelolaan kawasan konservasi.

“Secara prinsip ekonomi, pemberdayaan masyarakat di sekitar objek wisata, dapat mengangkat beberapa komponen yang bisa mempengaruhi pada taraf hidup masyarakatnya. Dengan prinsip keseimbangan, sebagai manusia kita harus bersyukur kepada Allah SWT dengan menjaga, memelihara serta melestarikan guna bisa diwariskan pada anak cucu kita,” pungkas Iip.

Maman Surahman, S.Hut, M.Si, Kepala Balai TNGC, menjelaskan bahwa pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan usaha ekonomi adalah langkah konkret dalam mencapai kesejahteraan masyarakat desa penyangga. Bantuan ini merupakan komitmen TNGC dalam upaya mensejahterakan masyarakat sekitar Gunung Ciremai.

“Ada 34 Desa di 8 Kecamatan di Kabupaten Kuningan. Keberadaan desa penyangga menjadi modal sumber daya manusia dalam pengelolaan kawasan TNGC. Salah satu keberhasilan pengelolaan kawasan konservasi, apabila masyarakat sudah bisa memanfaatkan kawasan, baik secara ekologi, ekonomi dan sosial secara lestari,” tutur Maman.

Ke-7 kelompok penerima manfaat melibatkan usaha seperti pembuatan kedai kopi, instalasi listrik tenaga surya, pengembangan wisata, pembuatan embung air, pengolahan air limbah, peralatan dan mesin pengolahan kuliner lokal, serta sarana prasarana penunjang fire care camp.

Setelah penyerahan bantuan, Pj Bupati Kuningan, Kepala Balai TNGC, Komunitas AKAR, dan undangan lainnya berkunjung ke area spot wisata Karang Dinding Ciremai, yang dijadikan track wisata dalam program fire campaign untuk penanganan kebakaran hutan di wilayah Gunung Ciremai. Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati Iip Hidajat juga menanam pohon jenis beringin. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *