Karinding Cibangka : Jaga dan Lestarikan Budaya Sunda

Ciremai News

Kuningan, ciremainews – Budaya terus tumbuh di tengah kehidupan masyarakat yang di wariskan secara turun temurun. Keberagaman Budaya ada di Indonesia dan itu menjadi nilai penting yang harus di jaga serta di lestarikan dari waktu ke waktu.

Karinding Cibangka, merupakan salah satu kelompok Seni Sunda yang tetap menjaga dan melestarikan Budaya Sunda, berlokasi di Desa Mekarwangi Kecamatan Lebakwangi Kabupaten Kuningan. Kamis (20/08/2020)

“Budaya merupakan warisan yang harus di jaga dan di lestarikan karena memiliki nilai sosial, norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius dan menjadi ciri khas dari kelompok masyarakat” Ujar Dede Supriadi selaku Manager seni Karinding Cibangka

Peralatan seni yang di gunakan berbahan dasar bambu, yang memliki Suara, Rasa dan Ciri Khas nya tersendiri yang dapat menimbulkan suasana nyaman dan harmonis dari setiap ketukannya.

“Dengan tetap menjaga dan melestarikan Budaya, kita akan selalu di ingatkan akan nilai luhur yang terkandung dalam Sejarah Budaya Tersebut” Pungkasnya.