Ponpes AL-Anwar Kadugede, Gelar Masa Ta’aruf Santri Baru

Ciremai News

Kuningan, Ciremai News- MATSABA (Masa Ta’aruf Santri Baru) PONDOK PESANTREN AL-ANWAR KADUGEDE, Santri  Al-Anwar kikis habis watak Individualis, Agama mengajrkan kebersamaan.

MATSABA (Masa Ta’aruf Santri Baru) Pondok Pesantren Al-Anwar  tahun ajaran 2020/2021  yang digelar selama selama tiga hari dua malamdi mulai  dari hari Kamis tanggal 02 Juli 2020 sampai dengan hari Sabtu 04 Juli 2020 kemudian diikuti oleh 34 santri putra dan 41 santri putri ini merupakan agenda wajib tahunan dengan masku dan tujuan memberikan edukasi dan pengenalan lingkungan pesantren serta tradisi-tradisi ke NU-an kepada santri yang mengikuti MATSABA.

Harapan dari terselenggaranya MATSABA adalah Santri baru bisa memetik pembelajaran awal dari kultur pesantren salafiyah yang dikemas dengan berbagai kegiatan, seperti hari kamis (02/07/2020) panitia memfokuskan pembekalan materi, tentang pengenalan sejarah pesantren, pembinaan Ahlakul karimah, Aswaja Annahdiyyah, Tradisi ke NU-an dari mulai Tahlilan kemudian tawasulan ziarah kubur napak tilas pendiri Pondok Pesantren lalu ada motivasi session agar santri terus termotivasi belajar, serta kedisiplinan dan tanggung jawab.

Pada malam pertama (02/07/2020) yaitu malam jum’at, para santri dididik keberanian dan tanggung jawab dengan agenda jelajah malam dan dilanjut dengan renungan malam. Keesokan harinya yaitu  hari jum’at (03/07/2020)  ada agenda senam pagi dan game show menyenangkan supaya para santri terhindar dari rasa jenuh dalam mengikuti MATSABA ini. Setelah melaksanakan sholat  jumat agenda dilanjutkan dengan  jelajah siang. Panitia mengemasnya dengan agenda ziaroh ke makam pendiri Pondok Pesantren Al-anwar sekaligus mengenalkan pendiri dan masyaikh yang telah wafat.

Pada malam kedua  yaitu malam sabtu, para peserta dipadatkan dengan tiga kegiatan, yaitu lomba masak nasi liwet, upacara api unggun yang dikemas dengan upacara pembacaan janji santri, setelah itu baru lomba PENSI (Penampilan Pentas Seni), dan kegiatan malampun berakhir tepat pukul  01:00 WIB.

Pada hari sabtu, hari terakhir (04/07/2020), sebelum acara ditutup para peserta ditugaskan untuk membersihkan semua area yang dijadikan tempat kegiatan, baru setelah berjamaah sholat dzuhur,  tiba dipenghujung acara, yaitu acara penutupan. Pada acara penutupan ada beberepa penghargaan yang diberikan kepada peserta – peserta terbaik PA/PI dalam kegiatan MATSABA.

Penulis : Afa