Ditandai Penabuhan Gong Bupati Kuningan Buka Pergelaran Teater Sado dan Pameran Karya Guru

CiremaiNews,Kuningan,- Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, membuka secara resmi Pergelaran Teater Sado bertajuk “Kalayudha” dan Pameran Karya Guru di Gedung Kesenian Raksawacana, Jalan Veteran Kuningan, Jumat (8/9/2023) malam. Seremoni pembukaan berlangsung khidmat, dihadiri para pejabat Kab. Kuningan, akademisi Uniku, tokoh masyarakat, seniman-budayawan, aktivis lembaga swadaya masyarakat, guru, mahasiswa, serta keluarga besar Teater Sado.

Dalam sambutan peresmiannya, Bupati Kuningan menyampaikan rasa bangga dan apresiasi tinggi terhadap kerja kreatif dan kolektif kolegial Komunitas Teater Sado Kuningan sepeninggal pendirinya, Aan Sugianto Mas, yang wafat pada 4 September 2018 silam. Komunitas teater yang berumah di Jalan Otista, Sawahwaru-Kuningan, ini telah menjalani proses latihan panjang dan siap mempergelarkan produksi latihan kedelapannya, lakon “Kalayudha” karya/sutradara D. Ipung Kusmawi, dramawan generasi kedua binaan dan didikan Teater Sado.

Dalam sambutannya itu, Bupati pun menceritakan kenangan persahabatannya dengan sosok mendiang pendiri dan pengasuh Teater Sado, Aan Sugianto Mas (almarhum) sejak SD, SMP, SMA, sampai ia menjadi anggota DPRD dan bupati. Menurut Bupati Acep, Aan Sugianto Mas adalah sosok yang unik, kreatif, ulet, dan berbakat seni sejak kecil. Karakter itu terus tampak sampai almarhum menjadi dosen di STKIP/Uniku dan mendirikan Teater Sado.

Masih menurut Bupati, pergelaran-pergelaran Teater Sado dan pentas teater jalanan Uniku saat karnaval Hari Jadi Kuningan adalah salah satu karya fenomenal almarhum yang sangat ditunggu-tunggu masyarakat Kuningan. Bupati berpesan kepada segenap anggota Komunitas Teater Sado agar dapat terus menjaga dan meneruskan semangat dan kerja kreatif almarhum semasa hidupnya dalam memajukan kesenian dan kebudayaan di Kabupaten Kuningan. 

Sebelumnya, Ketua Komunitas Teater Sado, Edi Supardi, melaporkan bahwa pergelaran teater berjudul “Kalayudha” yang merupakan produksi latihan kedelapan dan pameran karya guru ini merupakan kegiatan utama dari trilogi kerja Teater Sado pada tahun 2023. Pergelaran dan pameran ini akan berlangsung selama sebulan, dari 9 September—8 Oktober 2023, bertempat di Gedung Kesenian Raksawacana Kuningan.

Menurut Edi, kegiatan pembuka trilogi kerja Teater Sado telah dimulai pada Januari 2023 berupa workshop teater bagi guru Bahasa Indonesia dan Seni Budaya se-Kabupaten Kuningan yang diikuti 196 peserta. Workshop ini kemudian ditindaklanjuti dengan workshop teater keliling ke 77 sekolah (SMP/MTs/SMA/SMK/MA) di Kab. Kuningan yang diikuti 12.448 siswa pada Februari—Maret 2023. Sebagai kegiatan lanjutan setelah pergelaran dan pameran ini adalah festival teater pelajar tingkat nasional yang akan digelar pada akhir Oktober 2023.

Pada rangkaian upacara pembukaan itu disajikan pula pembacaan puisi “Merawat Jejak” oleh Nita Hernawati, generasi kedua Teater Sado, diiringi lengking suling mendayu Mul Bulu, maestro suling dari Cirebon. Penghayatan sepenuh jiwa dalam pembacaan puisi tentang perjalanan Teater Sado dan kenangan terhadap sosok pendirinya ini membuat suasana di dalam gedung diliputi keheningan.

Rangkaian seremoni pembukaan dilanjutkan dengan gelar wicara bertajuk Halaqah Budaya dengan topik “Arah Pergerakan Kebudayaan di Kab. Kuningan”. Hadir dan bertindak sebagai pembicara sekaligus pelontar ide pada gelaran itu para seniman-budayawan ternama di Kab. Kuningan. 

Mereka adalah Yusuf Oeblet (seniman mendunia, pendiri Padepokan Bumi Seni Tarikolot); Pandu A. Hamzah (sastrawan-budayawan, pegiat literasi-sosial-dan lingkungan), dan D. Ipung Kusmawi (dramawan, penulis naskah dan sutradara “Kalayudha”). Sementara itu, dari pihak pemerintah daerah diwakili Kasi Kebudayaan Disdikbud Kuningan, Rio Anto Permana.

Banyak sekali percikan pengalaman, perenungan, dan ide-gagasan mengenai arah pergerakan kebudayaan di Kabupaten Kuningan yang terlontar dalam Halaqah Budaya ini. Para pembicara berharap halaqah budaya ini dapat dilanjutkan pada kesempatan yang lain.(Tatang Budiman)***

  • Related Posts

    Pelantikan Lasqi Nusantara Jaya, Diharapkan Sebagai Media Dakwah Islami

    Ciremainews – Sejumlah ustadz dan ustadzah berkumpul dalam pelantikan Dewan Pimpinan Wilayah Lembaga Seni Qasidah Indonesia Nusantara Jaya Daerah Khusus Jakarta (DPW LASQI NJ) resmi dilantik, Jumat (5/7/2024). Pelantikan para…

    Dialog Publik PWI Kabupaten Cirebon Meriahkan HPN dan Hari Jadi Kabupaten ke-542

    CiremaiNews.com, Cirebon,- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Cirebon menggelar dialog publik dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024 dan hari jadi kabupaten ke-542. Dengan tema “Diskusi Multikulturalisme: Membangun Harmoni di Tengah Keanekaragaman Budaya”. Berlangsung diarea parkir SOR Watubelah, Sumber, kabupaten Cirebon pada Sabtu (18/05/2024).

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Berita Lainnya

    PDAM Indramayu Lakukan Program Sosial bersama Warga Jatibarang Baru

    PDAM Indramayu Lakukan Program Sosial bersama Warga Jatibarang Baru

    Polresta Cirebon Amankan 3 Orang Pengguna Narkoba

    Polresta Cirebon Amankan 3 Orang Pengguna Narkoba

    Pj Bupati Cirebon Dukung Implementasi Sertifikat Tanah Elektronik untuk Tingkatkan Keamanan dan Efisiensi

    Pj Bupati Cirebon Dukung Implementasi Sertifikat Tanah Elektronik untuk Tingkatkan Keamanan dan Efisiensi

    Jaring Atlit Berprestasi Kabupaten Cirebon Siap Gelar Porkab dan Tarkam

    Jaring Atlit Berprestasi Kabupaten Cirebon Siap Gelar Porkab dan Tarkam

    PT Kereta Api Indonesia Gelar Pelayanan Kesehatan Gratis di Jalur Kereta Api Melalui Rail Clinic

    PT Kereta Api Indonesia Gelar Pelayanan Kesehatan Gratis di Jalur Kereta Api Melalui Rail Clinic

    KPU Majalengka Coklit Al Mizan, Kiai Maman Ucapkan Apresiasi Jelang Pilkada 2024

    KPU Majalengka Coklit Al Mizan, Kiai Maman Ucapkan Apresiasi Jelang Pilkada 2024