Manfaat Budidaya Black Soldier Fly (BSF) & Maggot BSF

Ciremai News

Kuningan, ciremainews – Black Soldier Fly (BSF) saat ini banyak diminati oleh banyak pihak khususnya para peternak, tidak hanya di Indonesia tapi juga di berbagai Belahan Dunia. Black Soldier Fly atau dalam bahasa latin Hermetia Illucens yang biasa di sebut Lalat Tentara Hitam adalah satu jenis lalat dari sekian banyak yang tersebar di dunia yang memiliki banyak kelebihan dan manfaat bagi manusia. kata “Fly” disini artinya adalah “Lalat”, jadi jangan kepleset dengan masih menyebut kata lalat BSF.

Saat ini Pembudidayaan BSF sudah berjalan di Wilayah Kabupaten Kuningan, namun hal tersebut masih belum banyak di ketahui oleh orang banyak khususnya di Wilayah Kabupaten Kuningan. Ada banyak manfaat dari Pembudidayaan BSF salah satunya dengan memanfaatkan sampah. Rabu (29/07/2020)

“Dengan cara membudidayakan BSF, setidaknya bisa mempercepat penguraian Sampah, Sampah yang dapat di Musnahkan oleh BSF yakni Sampah Organik” Jelas Yopi Ahmad Shofiyudin, S.Pd Ketua Gerbang Tani Kabupaten Kuningan.

Black Soldier Fly (BSF) dan Maggot BSF adalah dua istilah Nama dari satu Jenis Hewan yang sama  serta mempunyai perbedaan bentuk dan nama karena memiliki fase metamorfosis dalam siklus hidupnya seperti kupu-kupu dan ulat. BSF sendiri melekat pada fase lalat nya, dan maggot tentu saja pada fase larva nya.

“Menurut Saya, setiap Desa itu Wajib Membudidayakan Maggot sebagai salah satu cara dalam mengatasi permasalahan sampah khususnya Sampah Organik. Kemampuan Maggot dalam menghancurkan sampah bisa mencapai 10 kali dari bobotnya, setiap 1 Kg Maggot bisa menghancurkan Sampah sampai dengan 10 Kg dalam 1 kali Siklus Hidupnya” Pungkas Kang Yopi Kahot sapaan akrabnya. (Ndra)