Singkopi, Kedai Kopi Yang Berawal Ide Dari Kongkow

Tangerang, Ciremainews – Menjamurnya minat minum kopi dikalangan milenial menjadi salah satu ajang bisnis saat ini. Salah satunya Dedy Candra, Pria asal Salatiga, Jawa Tengah ini membuka usaha kedai kopi di wilayah Tangerang Selatan.

Dedy sapaan akrabnya, mengawali bisnis minuman kopi sejak 2018. Dirinya mencari ide untuk memulai wirausaha. Menurutnya, belajar wirausaha menjadi alasan dalam mencari rumus pembuatan kopi hingga berani memasarkannya.

“Awal karena hobi nongkrong sembari minum kopi, karena saya aktif organisasi jadi nongkrongnya sampai kafe tutup. Nah jadi kepikiran kalo buka kafe sendiri bisa sampai pagi,” Ujar Dedy di kafe Singkopi, Jumat (03/07/2020).

Dedy mengakui membuat kafe dengan maksud sebagai tempat silaturahmi sesama anggota organisasi. Menurutnya, tempat yang dia buka ini sebagai ajang diskusi bagi penggemarnya yang rata-rata adalah mahasiswa.

“Sing penting dagang dan mau belajar yang terpenting menyiapkan tempat untuk orang bersilaturahmi,berdiskusi dicafe saya. Karena mayoritas konsumen mahasiswa atau pelajar,” terangnya.

Singkopi, merek yang disajikan oleh Dedy dijual dengan harga terjangkau. Seporsinya dijual kisaran 10 ribu hingga 20 ribuan. Campuran kopi jenis Robusta dan Arabica menjadi andalan dari kedai kopi milik Dedy.”Harga murah agar semua bisa menikmati kopi saya,” terangnya.

Kedepannya, Dedy akan mempertahankan rasa lebih baik. Dalam proses pengambilan bahan baku. Dedy mengakui telah kerjasama dengan petani kopi di kampung asalnya sehingga ada peningkatan penjualan bagi petani kopi di Temanggung. Selain itu, pemilihan kopi asal dataran tinggi Jawa Tengah ini karena ada ciri khas rasa yang dimilikinya.

“Proyeksi kedepan,belajar lebih baik dan menjaga rasa dengan mempertahankan bahan baku khususnya kopi yang langsung di kirim dari petani dari Temangung dan singkong yang begitu gurih yang dikirim dari UMKM di Salatiga,” terangnya.

Bagi yang ingin membeli Singkopi dapat secara langsung melalui pesan di Instagram @singkopi.id. Singkopi juga bisa dikirim dengan jangka waktu 2 hari penyimpanan karena tidak menggunakan bahan pengawet. @priyokustiadi