Film-film Pilihan Memperingati Hari Pahlawan

CiremaiNews.com – Kuningan. Memperingati Hari Pahlawan di Indonesia, yang jatuh pada 10 November setiap tahun adalah sebuah momen penting untuk mengenang jasa para pejuang kemerdekaan.

Dalam semangat memperingati hari bersejarah ini, kita dapat mengeksplorasi kisah pahlawan Indonesia melalui layar perak dengan menonton beberapa film penuh inspirasi. Berikut adalah rekomendasi film tentang tokoh pahlawan nasional yang bisa anda nikmati bersama keluarga, kerabat ataupun pelajar :

  1. Tjokroaminoto (2015)

Film ini menggambarkan perjalanan Tjokroaminoto, tokoh pendidikan dan pemikir kemerdekaan Indonesia. Dengan pemain utama Reza Rahadian, Chelsea Islan, dan sutradara Garin Nugroho, “Guru Bangsa” memperlihatkan peran kunci Tjokroaminoto dalam membentuk nasionalisme Indonesia.

Hadji Oemar Said (HOS) lahir di Bakur, Madiun, Jawa Timur pada 16 Agustus 1882, dan mengembuskan napas terakhirnya di usia 52 tahun, tepatnya pada 17 Desember 1934. Ia merupakan keturunan bangsawan, ayahnya, R.M. Tjokroamiseno, seorang wedana atau asisten bupati. Sedangkan sang kakek, R.M. Adipati Tjokronegoro, pernah menjabat Bupati Ponorogo.

HOS Cokroaminoto merupakan seorang pahlawan nasional yang dijuluki Bapak Bangsa sekaligus pemimpin Sarekat Islam (SI). Ia memimpin SI sejak 1914 hingga akhir hayatnya. SI sempat menjadi salah satu organisasi massa terbesar dalam sejarah pergerakan nasional di bawah kendali HOS Cokroaminoto.

  1. “Soekarno: Indonesia Merdeka” (2013)

Melibatkan Ario Bayu sebagai Soekarno, dan Maudy Koesnaedi, film ini memvisualisasikan emosi dan perjuangan Soekarno dalam memimpin Indonesia menuju kemerdekaan. Disutradarai oleh Hanung Bramantyo, “Soekarno” membawa penonton melewati momen-momen bersejarah yang membentuk bangsa.

Dr. Ir. H. Soekarno adalah Presiden pertama Republik Indonesia yang menjabat pada kurun waktu 1945–1967. Ia adalah seorang tokoh perjuangan yang berperan penting dalam memerdekakan bangsa Indonesia dari kolonialisme Belanda. 

  1. “Kartini” (2017)

Dian Sastrowardoyo membintangi film ini sebagai Raden Ajeng Kartini, pejuang hak-hak perempuan dan pendidikan. Sutradara Hanung Bramantyo menggambarkan dengan indah perjalanan Kartini yang inspiratif.

Tokoh pahlawan nasional ini sangat  terkenal di Indonesia sebagai pahlawan yang gigih memperjuangkan emansipasi wanita. Dialah Raden Ajeng Kartini atau dikenal sebagai R.A. Kartini.

Lahir di Jepara, Jawa Tengah, 21 April 1879, R.A. Kartini dikenal sebagai wanita yang mempelopori kesetaraan derajat antara wanita dan pria di Indonesia. Kartini merasa banyak diskriminasi yang terjadi antara pria dan wanita pada masa itu dimana beberapa perempuan sama sekali tidak diperbolehkan mengenyam pendidikan.

  1. “Merah Putih” (2009)

Dalam film yang menyoroti keragaman pejuang kemerdekaan, “Merah Putih” menyajikan cerita heroik dari berbagai lapisan masyarakat. Disutradarai oleh Yadi Sugandi, film ini menciptakan semangat persatuan dalam perlawanan.

Merah Putih adalah film drama historis Indonesia yang dirilis tahun 2009 dan merupakan bagian pertama dari rangkaian film “Trilogi Merdeka” yang merupakan trilogi film perjuangan pertama di Indonesia. Film ini disutradarai oleh Yadi Sugandi dan dirilis dengan semboyan “Untuk merdeka mereka bersatu”

  1. “Sang Pencerah” (2010)

Lukman Sardi membintangi sebagai Ahmad Dahlan, pendiri Muhammadiyah, dalam “Sang Pencerah.” Disutradarai oleh Hanung Bramantyo, film ini mengilustrasikan peran Dahlan dalam menyebarkan pendidikan dan keadilan.

Sang Pencerah adalah film drama tahun 2010 yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo berdasarkan kisah nyata tentang pendiri Muhammadiyah, Ahmad Dahlan. Film ini dibintangi oleh Lukman Sardi sebagai Ahmad Dahlan, Muhammad Ihsan Tarore sebagai Ahmad Dahlan Muda, dan Zaskia Adya Mecca sebagai Nyai Ahmad Dahlan.

Dengan sinopsis yang penuh makna, pemain berkualitas, dan sutradara berbakat, film-film ini menjadi pilihan tepat untuk mengenang jasa para pahlawan Indonesia. Peringatan Hari Pahlawan tahun ini dapat diisi dengan mendalaminya melalui layar perak, menemukan inspirasi, dan merayakan semangat kebangsaan.

Menambah rasa nasionalisme dan semangat kebangsaan, Panitia Layar Kemerdekaan, Vera Verawati menggagas nonton bersama film tokoh pahlawan nasional. “Setelah melalui voting di instagram, terpilihlah film dengan Tjokroaminoto, yang pas untuk disaksikan bersama,” ujar Vera, Kamis (9/11/2023)

Para peserta nobar diharapkan dapat merasakan semaraknya semangat kebangsaan sambil menikmati film inspiratif tersebut. Vera Verawati, sebagai penggagas acara, menjelaskan acara nonton bersama Layar Kemerdekaan juga menjadi kesempatan untuk memperkuat rasa nasionalisme.

Vera berpesan agar semua yang hadir dapat merayakan dan mengenang perjuangan pahlawan Indonesia bersama-sama. “Ada diskon 20 persen untuk snack atau soft drink menjadi bonus tambahan untuk menambah kenyamanan para peserta. Hari Pahlawan yang tak terlupakan, dan bergabunglah dalam semangat persatuan melalui layar perak,” ujar Vera. (red)

  • Related Posts

    Warga Kuningan Terkepung Kemiskinan, DPR RI Serukan Perubahan

    Tingginya tingkat kemiskinan ekstrem di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, mendapat perhatian serius dari Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Yanuar Prihatin. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat kemiskinan ekstrem di Kuningan mencapai 6,36 persen, dengan jumlah penduduk miskin ekstrem sebanyak 69.090 jiwa.

    Revitalisasi Distribusi Pupuk Bersubsidi: Inovasi Alur Tebus dengan KTP

    Kepala Dinas Ketahan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kuningan Dr. Wahyu, M.Si.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Berita Lainnya

    Perkuat Syiar Agama, LASQI NJ Diharapkan Sasar Generasi Milenial

    Perkuat Syiar Agama, LASQI NJ Diharapkan Sasar Generasi Milenial

    PDAM Indramayu Lakukan Program Sosial bersama Warga Jatibarang Baru

    PDAM Indramayu Lakukan Program Sosial bersama Warga Jatibarang Baru

    Polresta Cirebon Amankan 3 Orang Pengguna Narkoba

    Polresta Cirebon Amankan 3 Orang Pengguna Narkoba

    Pj Bupati Cirebon Dukung Implementasi Sertifikat Tanah Elektronik untuk Tingkatkan Keamanan dan Efisiensi

    Pj Bupati Cirebon Dukung Implementasi Sertifikat Tanah Elektronik untuk Tingkatkan Keamanan dan Efisiensi

    Jaring Atlit Berprestasi Kabupaten Cirebon Siap Gelar Porkab dan Tarkam

    Jaring Atlit Berprestasi Kabupaten Cirebon Siap Gelar Porkab dan Tarkam

    PT Kereta Api Indonesia Gelar Pelayanan Kesehatan Gratis di Jalur Kereta Api Melalui Rail Clinic

    PT Kereta Api Indonesia Gelar Pelayanan Kesehatan Gratis di Jalur Kereta Api Melalui Rail Clinic