Kiai Aang Abdullah Azhar; Roh Kemerdekaan ada di para Pejuang

Kuningan, Ciremainews-Tepat hari ini Bangsa Indonesia memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan yang ke-75, peringatan Kemerdekaan di tengah situasi pandemi global COVID-19 belum juga menunjukan tanda-tanda mereda.

Kiai Aang Abdullah Azhar bersama Imamal Muttaqien Generation, Komunitas Alumni Muda Manonjaya melakukan napal tilas perjuangan dengan berziarah pada Tokoh-tokoh Kuningan serta para pejuang 45 di Taman Makam Pahlawan Kuningan, Jawa Barat.

Melalui Ziarah ke Makam Syaikh Muhibbat, Syaikh Maulana Akbar, Arya Kamuning dan pejuang 45, Kiai Aang melihat bahwa HUT Republik Indonesia yang ke 75 dijadikan sebagai medan Refleksi bersama untuk memahami bagaimana Bangsa Indonesia di bentuk khususnya di Kabupaten Kuningan.
“Kemerdekaan tidak boleh berhenti pada serangkaian seremoni semata, melainkan harus dinilai sebagai sebuah nilai perjuangan di dalamnya ada semangat persatuan melepas Bangsa ini dari belenggu Kolonial.”Ujar Kiai Aang

“mengingat sejarah perjuangan pahlawan bangsa yang rela mengorbankan jiwa dan raganya demi kemerdekaan Indonesia maka harus ada usaha untuk mempertahankan nilai kemerdekaan itu .” tambah Kiai Aang

Menurutnya saat ini diperlukan hal-hal yang substantif. Menggali kembali nilai-nilai persatuan. nasionalisme. Di Kuningan ini sangat rentan konflik. Salah satu usaha yang harus digelar adalah diadakan dialog sejarah yang mengarah pada persatuan.

“Kemarin Kuningan diuji kembali soal Toleransi, maka ruh perjuangan kita adalah mempersatukan kembali dalam narasi persatuan sebagai Bangsa, membuktikan bahwa Kuningan bisa hidup berdampingan satu sama lain, silih asih dengan rutin menggelar dialog dan diskusi- diskusi sejarah bangsa ini.” pungkas kiai Aang.