UMKM dan Seniman Diberikan Pengenalan TerhadaP Empat Pilar Kebangsaan

Kuningan, Ciremainews – Anggota DPR RI Dapil X dari Fraksi PKB, Yanuar Prihatin menggelar kegiatan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan kepada para Seniman dan penggiat UMKM, yang bertempat di Graha Ahmad Bagdja, Sabtu (20/06/2020).

Yanuar mengatakan terkait pentingnya empat pilar kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, pada kegiatan itu pun dirinya menekankan kepada seniman dan penggiat UMKM tentang pemahaman dan arti pentingnya kebhinekaan yang menjadi identitas bangsa Indonesia.

“Memberikan pendidikan politik harus diawali dari kader partai. Mereka harus memahami serta mengamalkan nilai-nilai pancasila, UUD, bhineka tunggal ika dan NKRI yang dijabarkan melalui empat pilar kebangsaan ini. Diharapkan pemahaman ini bisa disosialisasikan kembali oleh para kader partai kepada masyarakat,” ungkapnya.

Yanuar menambahkan, dirinya pada kegiatan tersebut lebih menekankan pada pemahaman arti kebhinekaan. Menurutnya, rakyat Indonesia harus menyadari dan mengakui bahwa dengan keragaman suku, agama dan budaya menjadi perekat dan pemersatu bangsa dalam bingkai NKRI.

“Dengan adanya kebhinekaan ini justru harus menjadi kekuatan dan pemersatu bangsa Indonesia dan bukan malah sebaliknya. Perbedaan harus diartikan sebagai kekuatan untuk mewujudkan bangsa yang besar, berdaulat, adil dan makmur sebagaimana yang dijabarkan dalam pancasila dan Undang-undang Dasar,” terangnya.

Yanuar juga mengatakan dalam kegiatan ini pun dibahas berbagai isu strategis dalam rangka memberikan ruang kepada seniman dan penggiat UMKM dapat berkontribusi kepada negara. “Kami berdiskusi dan menyamakan persepsi dengan dalam menyikapi berbagai persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini. Artinya, seniman dan penggiat UMKM harus memberikan peran penting dan berkontribusi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” imbuhnya.