CirebonheadlineJabarnesia

Jajaran Polresta Cirebon Pastikan Stabilitas Harga Sembako di Pasar Palimanan dan Pasar Sumber

CiremaiNews.com, Cirebon – Untuk menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok, Kapolresta Cirebon Kombes Pol Sumarni memimpin langsung untuk memantau harga sembako di sejumlah pasar, termasuk Pasar Palimanan dan Pasar Sumber.

Menurut Kombes Pol Sumarni pasca melakukan peninjauan, harga-harga sembako masih dalam kisaran yang wajar. Beras masih bertahan di kisaran 14 ribu hingga 16.500 per kilogram. Sementara itu, harga daging sapi berkisar antara 130.000 hingga 140.000 per kilogram.

“Harga ayam masih relatif stabil dengan kisaran 30 ribu hingga 32 ribu per kilogram. Begitu juga dengan harga telur yang berkisar antara 28 ribu hingga 30 ribu per kilogram,”ujar Sumarni. Jumat (23/02/2024)

Dalam peninjauan tersebut,masih kata Sumarni, harga cabe merah super juga dalam kisaran antara 80 ribu hingga 100 ribu per kilogram. Menurutnya oleh karenanya Kolaborasi dengan dinas terkait dan Bulog menjadi kunci dalam menjaga stabilitas harga sembako di wilayah Kabupaten Cirebon.

“Sehingga dengan berbagai langkah yang telah diambil, kami optimis bahwa harga sembako di Pasar Palimanan dan Pasar Sumber serta wilayah Kabupaten Cirebon secara keseluruhan akan tetap stabil dan terkendali,” ujar Sumarni.

Tambahnya, langkah-langkah preventif terus dilakukan untuk memastikan ketersediaan dan keterjangkauan kebutuhan pokok bagi masyarakat. ” Agar masyarakat dapat tetap memperoleh pangan dengan harga yang terjangkau dan stabil,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Cirebon, Erus Rusmana mengungkapkan pihaknya mengapresiasikan kepada Kapolresta Cirebon atas perannya yang sangat peduli terhadap stabilitas harga bahan pokok di beberapa pasar Kabupaten Cirebon.

“Dalam situasi saat ini, terutama ketersediaan beras, sinergi dan kolaborasi antara berbagai pihak, tidak hanya pemerintah daerah tetapi juga Polri, TNI, dan Bulog, menjadi kunci utama,” ungkap Erus.

Meskipun pasokan beras sebenarnya cukup, namun harga beras premium terus meningkat karena berbagai faktor termasuk dikarenakan oleh jadwal panen. Dikesempatan itu ia berharap kerja sama ini dapat mengatasi permasalahan ini sehingga menjelang Ramadan, harga dapat stabil dan pasokan terpenuhi.

Tambahnya, Kapolresta Cirebon juga mengingatkan bahwa komoditas lain seperti cabe merah dan bawang juga dapat mempengaruhi inflasi.

“Dalam upaya mengendalikan inflasi, Kapolresta mendorong masyarakat, melalui camat dan PKK, untuk menanam cabe di polybag sebagai bagian dari gerakan ini,” tuturnya.

Sementara itu, tambahnya, Dinas Pertanian akan melaksanakan operasi pasar bekerja sama dengan Bulog dengan rencana penjualan beras subsidi di beberapa titik. “Ini merupakan langkah konkret dalam menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok bagi masyarakat,”tutup Erus. (effendi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *