BudayaJabarnesiaKuningan

Kendala Data Hambat Pelestarian Cagar Budaya Kuningan

CiremaiNews.com, Kuningan – Meningkatkan geliat literasi masyarakat, TBM Pondok Kata RZ dan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Kuningan yang diwakili oleh Fauziah, Ade Aspandi, dan Leni Nur’aeni mengunjungi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Kuningan.

Ketua TBM Pondok Kata RZ, Vera Verawati mengatakan kunjungan ini merupakan langkah penting dalam meminta rekomendasi program-program gerakan literasi, yang ditawarkan oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat dan Perpustakaan Nasional.

” TACB juga menekankan pentingnya penelusuran dokumen-dokumen bersejarah untuk mendukung rencana penelitian sejarah Kabupaten Kuningan,” ujar Vera, Senin (6/5/2024).

Meskipun terdapat beberapa kendala, terutama dalam hal dokumentasi asli dari berbagai tempat bersejarah, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Kuningan, Drs. H. Ahmad Juber, menyatakan komitmennya akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan terbaik bagi siapa saja yang membutuhkan informasi terkait data atau arsip.

“Selain itu, kami juga membuka seluas-luasnya kesempatan untuk berkoordinasi jika membutuhkan informasi terkait arsip dan kepustakaan, baik untuk akademisi, pelajar, mahasiswa, maupun masyarakat umum,” ujarnya.

Sementara itu, Leny, perwakilan TACB, mengakui masih terdapat kendala dalam mendapatkan data yang cukup.” Terimakasih atas dukungan penuh dari SKPD terkait, namun kami masih kesulitan untuk mendapatkan data soal Cagar Budaya di Kabupaten Kuningan,” terang Leny.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *