Komisioner KPU Kuningan Dilantik, Hasyim Asy’ari Dorong Penyesuaian Cepat Pemilu 2024

CiremaiNews.com, Kuningan – Ketua KPU Hasyim Asy’ari resmi melantik anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) 40 Kabupaten/Kota di 13 Provinsi periode 2023-2028.

Pantauan Ciremai News, pelantikan dilakukan di Gedung KPU RI, Jakarta Pusat, pada Sabtu (29/12/2023), pukul 00.40 WIB. Terlihat jejeran komisioner KPU, Perwakilan dari Bawaslu dan DKPP turut hadir dalam pelantikan itu.

Pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Jinggle Pemilu. Kemudian pembacaan Surat Keputusan KPU no 1762- 1801 2023, tentang pengangkatan anggota KPU 40 kabupaten / kota di 13 provinsi periode 2023-2028.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dalam prosesi pelantikan, Sabtu (30/12/2023) di Gedung KPU RI.Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dalam prosesi pelantikan, Sabtu (30/12/2023) di Gedung KPU RI.

Prosesi pelantikan dipimpin oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari saat pengambilan sumpah jabatan para komisioner KPU daerah yang dilantik tersebut. Dilanjutkan dengan ikrar sumpah jabatan yang dibacakan oleh Hasyim diikuti seluruh komisioner.

Lima komisioner KPU Kuningan terpilih, mengikuti prosesi pelantikan dan sumpah jabatan di antaranya adalah Aan Nasrudin, Aof Ahmad Musyafa,Asep Budi Hartono, Maman Sudiaman dan Yulianawati.

“Apakah Saudara bersedia diambil sumpah? Selanjutnya agar Saudara mengikuti dan menirukan kata-kata saya dengan khidmat. Selanjutnya, diikuti oleh semuanya bahwa saya akan memenuhi tugas dan kewajiban saya sebagai anggota KPU kabupaten/kota periode 2023-2028,” kata Hasyim.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas dan wewenang, akan bekerja dengan sungguh-sungguh, jujur, adil, dan cermat demi suksesnya pemilu anggota DPR, DPD, presiden dan wakil presiden, DPRD, dan pemilihan gubernur, bupati atau wali kota, tegaknya demokrasi dan keadilan, serta mengutamakan kepentingan NKRI daripada kepentingan pribadi atau golongan,” bunyi Ikrar yang dibaca komisioner dari 40 Kabupaten / Kota di 13 Provinsi.

Dalam sambutannya Hasyim  Asy’ari mengatakan sumpah ini diucapkan di hadapan Tuhan YME, pihaknya berharap  komisioner dapat bekerja sesuai perundang-undangan, peraturan pemilu, dan petunjuk DKPP. Hasyim juga menekankan kolegialitas dalam pengambilan keputusan serta keteladanan dalam kepemimpinan.

“Hari pemungutan suara pada 14 Februari 2024, sehingga penyelenggaraan pemilu ini sudah pada tingkat yang tinggi frekuensi kerja. Dinamika kerja kita harus segera lakukan penyesuaian dengan situasi yang kita hadapi,” ujar Hasyim.

Ketua KPU RI berpesan kepada komisioner untuk menjaga kesehatan dan keselamatan serta mengingatkan agar segala keputusan diambil secara kolektif. Pelantikan ini juga diakui dalam konteks konsolidasi nasional KPU, diharapkan dapat merawat ikatan sebagai keluarga besar KPU yang berkarakter nasional hirarkis.

NoPelantikan ini juga dilakukan dalam suasana kegiatan konsolidasi nasional, di mana KPU dari pusat hingga daerah diharapkan dapat bekerja bersama untuk menjalankan tugasnya dalam rangka pemilu dan pilkada mendatang

Prosesi Live Streaming Komisioner KPU Kabupaten/Kota di 13 Provinsi.

Related Posts

Persiapan Porprov 2025, Pj Bupati Cirebon Optimis Para Atlet Bawa Kabupaten Cirebon Berprestasi

CiremaiNews.com, Cirebon,- Pj Bupati Cirebon, H. Wahyu Mijaya, membuka secara resmi tes parameter atlet untuk persiapan menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2025.

Dr Alfan Kembalikan Formulir Cabup Kuningan, PKS – Nasdem Rajut Nostalgia Pilpres

Persiapan untuk kontestasi Pilkada 2024 yang semakin dekat, DPD PKS Kuningan telah meningkatkan upaya konsolidasi politik mereka. Fokus utama konsolidasi ini adalah dukungan yang kuat untuk Dr. Alfan Syai’i sebagai calon Bupati Kuningan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya

Perkuat Syiar Agama, LASQI NJ Diharapkan Sasar Generasi Milenial

Perkuat Syiar Agama, LASQI NJ Diharapkan Sasar Generasi Milenial

PDAM Indramayu Lakukan Program Sosial bersama Warga Jatibarang Baru

PDAM Indramayu Lakukan Program Sosial bersama Warga Jatibarang Baru

Polresta Cirebon Amankan 3 Orang Pengguna Narkoba

Polresta Cirebon Amankan 3 Orang Pengguna Narkoba

Pj Bupati Cirebon Dukung Implementasi Sertifikat Tanah Elektronik untuk Tingkatkan Keamanan dan Efisiensi

Pj Bupati Cirebon Dukung Implementasi Sertifikat Tanah Elektronik untuk Tingkatkan Keamanan dan Efisiensi

Jaring Atlit Berprestasi Kabupaten Cirebon Siap Gelar Porkab dan Tarkam

Jaring Atlit Berprestasi Kabupaten Cirebon Siap Gelar Porkab dan Tarkam

PT Kereta Api Indonesia Gelar Pelayanan Kesehatan Gratis di Jalur Kereta Api Melalui Rail Clinic

PT Kereta Api Indonesia Gelar Pelayanan Kesehatan Gratis di Jalur Kereta Api Melalui Rail Clinic