Sosialisasi 4 Pilar, Bertu Merlas Minta Masukan Dari Masyarakat

Ciremainews – Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, H. Bertu Merlas, menggelar Sosialisasi Empat Pilar MPR RI bersama Tokoh Masyarakat dalam wilayah Kecamatan Belitang,Desa Sidomulyo, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan.

“Sebelum sosialisasi empat pilar, sebagai wakil rakyat, walaupun ada sebagian yang mengenal saya, tapi saya wajib memperkenalkan diri. Karena saya adalah wakil bapak dan ibu sekalian,” kata Bertu dalam sambutan, Rabu (3/02).

Ia berujar anggota MPR RI terdiri dari anggota DPD dan anggota DPR. Bedanya, anggota DPD RI tidak melalui partai politik. Sedangkan anggota DPR RI melalui partai politik. Pejabat negara yang di sumpah dua kali adalah anggota DPR RI.

“Sumpah pertama sebagai anggota DPR dan sumpah kedua adalah sebagai anggota MPR. Hari ini kapasitas saya sosialisasi empat pilar adalah anggota MPR, tapi melekat dengan saya adalah anggota DPR Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa,” ucapnya.

Anggota DPR ditempatkan pada XI komisi dan mendapat fasilitas berupa sosialisasi ke daerah, rehat setelah sidang (Reses), kunjungan daerah pemilihan dan kunjungan spesifik. Jadi kalau ada masalah, kata dia, anggota DPR ada kunjungan spesifik guna melihat permasalahan tersebut.

“Tolong manfaatkan saya sebagai anggota DPR RI wakil dari Sumsel II. Tujuannya agar saya bisa menyerap aspirasi. Ketika rapat di Senayan, saya tahu apa permasalahan masyarakat,” ujarnya.

Pria kelahiran Belitang silam ini berharap masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan. aktif berdialog dengan narasumber usai penyampaian materi sosialisasi empat pilar MPR RI.

“Setiap reses, saya minta masukan kepada masyarakat. Harapannya semua aspirasi masyarakat bisa saya tampung dan saya beri solusi terbaik, bagi masyarakat dan pemerintah pusat,” kata Bertu.

Bertu bagi-bagi buku empat pilar kepada seluruh peserta sosialisasi untuk di baca dan bisa bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan terpusat di Balai Desa Sidomulyo turut dihadiri Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI), Camat, Kepala Desa, Lurah dan Anggota BPD dengan menerapkan protokol kesehatan.

Ia terus berupaya menghilangkan stigma sebagai anggota DPR RI sewaktu kampanye datang, setelah terpilih menghilang. Ia selalu berupaya mendatangi masyarakat setelah terpilih meskipun masyarakat daerah itu tak memilih dia sewaktu pemilihan umum legislatif.

“Silahkan semua bertanya dan menyampaikan kritik, marah juga boleh selama sosialisasi empat pilar MPR RI. Saya mempunyai medsos sebagai legislator modern. Sehingga masyarakat tidak ada jarak dengan wakilnya di Senayan,” katanya.

Narasumber sosialisasi empat pilar MPR RI, Bertu Merlas mengusung tema “4 Pilar Kebangsaan Saatnya Milenial Majukan UMKM dan Kuliner Daerah”

“menyampaikan poin-poin demokrasi Pancasila yang menjunjung tinggi nasionalisme, tidak oposisi tapi mengakui perbedaan pendapat.

Kepala Desa Sidomuyo, Erwin mengucapkan terima kasih atas kehadiran anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, H. Bertu Merlas dalam kegiatan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Saya harapkan peserta yang menghadiri bisa berdialog berkaitan dengan empat pilar MPR RI ini, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika,” kata Bertu Merlas dihadapan peserta sosialisasi.

Ia minta Tokoh Masyarakat bisa menyampaikan semua aspirasi kepada Legislator PKB asal Sumsel II, selama gelaran sosialisasi. Terlebih turut hadir anggota DPRD Kabupaten Ogan Komering Ulu Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa ,Ahmad.

“Jangan sampai kita sia-siakan kegiatan ini, apa yang menjadi keluhan masyarakat, persoalan apa pun bisa disampaikan. Sebab sosialisasi empat pilar MPR RI berdampak di lingkungan masyarakat,” katanya.