Anggota DPRD Kuningan Prihatin Jam Operasional Toko Modern di Kuningan Non Stop

Ciremai News

Kuningan, ciremainews – Sedih menjamurnya alpamart dan Indomart.
Anggota DPRD Kuningan yakni, Susanto dari Fraksi PKB merasa prihatin dengan jam operasional toko modern di Kuningan non stop. Hal itu diakui setelah dirinya, menanyakan langsung kepada karyawan toko modern di Jalan Juanda, Senin (14/9/2020).

Susanto mengatakan, keprihatinan ini tentu berdampak terhadap nadi ekonomi kerakyatan dan para pedagang di pasar tradisional.

“Ya, bayangkan saja, ini pendapatan daripada usaha toko modern kemanakan? Apakah terjadi demokrasi ekonomi di daerah,” katanya.

Maksud demokrasi ekonomi, kata dia, segala sesuatu dalam kegiatan usaha itu sepenuhnya oleh warga pribumi. “Artinya, bukan berarti warga non pribumi tidak boleh usaha di daerah. Namun, harus ada pengendalian waktu dalam jam operasional,” katanya.

Susanto yang juga politisi Dapil Kecamatan Kadugede, Nusaherang, Darma, Selajambe dam Kecamatan Subang serta Kecamatan Cilebak ini mengatakan, idelanya dalam pemerintah melakukan pengawasan terhadap usaha yang di lakukan warga non pribumi.

“Sebab tidak sedikit usaha kerakyatan yang dilakukan warga daerah Kuningan ini bisa mendongkrak terhadap pendapatan asli daerah. Seperti usaha yang dilakukan warga melalui beraneka UMKM yang menyebar di daerah,” ungkapnya.

Usaha daerah yang mendongkrak PAD, kata dia, pengembangan wisata yang dikelola pemerintah dan dinas terkait.

“Sekarang, secara kasat mata. Bisa dihitung berapa jumlah pengunjung wisata datang ke berbagai objek wisata di Kuningan? Ini bisa menjadikan perbandingan daripada pengusaha asing melalui sejumlah toko modern,” katanya.

Susanto menambahkan, masing – masing dinas yang berkaitan dengan pengembangan usaha ekonomi kerakyatan.

“Dimasa recovery atau perbaikan ekonomi nyatis tidak ada sama sekali. Kemana kebiakan pemerintah dalam melayani atau mencukupi kebutuhan masyarakat kita,” ujarnya.

Sementara, Tatang salah seorang karyawan Alfamidi mengatakan, pihaknyaembemarkam bahwa jam operasional itu selama 24 jam.

“Iya Kang, kita non stop,” ujarnya. (*)