Dewan PKB Kuningan bahas Pentingnya Ketahanan Pangan Desa

Ciremai News

Kuningan, Ciremainews – Serangkaian kegiatan Reses yang di laksanakan oleh Anggota DPRD Kabupaten Kuningan Fraksi PKB dari tanggal 02-07 Juli 2020, banyak pembahasan yang di sampaikan salah satunya tentang Pentingnya Ketahanan Pangan Desa.

Salah satu Anggota DPRD Kabupaten Kuningan dari Fraksi PKB Moh. Apip Firmansyah melaksanakan agenda Kegiatan Reses di tiga Desa, yakni Desa Kramatmulya Kecamatan Ciawigebang, Desa Cipancur Kecamatan Kalimanggis, dan Desa Nanggela Kecamatan Cidahu, saat di wawancara ciremainews.com, Jumat (10/07/2020)

“Agenda Reses yang dilaksanakan merupakan tanggung jawab selaku Anggota DPRD Kabupaten Kuningan untuk menjaring Aspirasi yang di sampaikan oleh Masyarakat, saat ini masyarakat banyak mengeluhkan soal ketahanan pangan di tengah wabah pandemi covid-19” Ujarnya kepada ciremainews.com

Ketahanan Pangan sangat penting sekali di saat adanya wabah pandemi yang sekarang di rasakan bersama, Penilaian ketahanan pangan dibagi menjadi keswadayaan atau keswasembadaan perorangan (self-sufficiency) dan ketergantungan eksternal yang membagi serangkaian faktor risiko.

“Terkait Ketahanan Pangan di Desa, saya berdiskusi bersama Masyarakat saat kegiatan berlangsung tentang bagaiman memfungsikan lahan-lahan kritis atau lahan tada hujan bagaimana agar produktif. Selain itu bagaiamana sektor pertanian masyarakat menjadi fokus utama dalam ketersediaan beras di masing-masing keluarga. Baik petani penggarap atau Masyarakat yang mempunyai lahan pertanian” Paparnya. (Ndra)