Pesantren Terluka, Ribuan Santri Cirebon Siap Kepung DPRD Kab. Cirebon

Ciremai News

Cirebon,CiremaiNews-dengan #PesantrenTerluka besok selasa (07/07/2020)Ribuan santri se-Kabupaten Cirebon akan mengepung gedung DPRD Kabupaten Cirebon, buntut dari pernyataan Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Cirebon yang menyatakan bahwa pesantren di Cirebon mayoritas tidak memiliki izin.

Rencananya santri yang terkoordinir dalam Lingkar Santri Cirebon (LSC) akan bergerak dari berbagai penjuru, timur, barat, dan utara artinya banyak pondok pesantren wilayah Cirebon yang akan terlibat aksi.

Hal ini diungkapkan oleh Kang Inu selaku Koordinator Lingkar Santri Cirebon bahwa tidak hanya santri aktif melainkan jejaring alumni pondok Pesantren akan turun karena perkataan Hermanto sudah sangat menyinggung.

Menurutnya, Hermanto Keliru menyatakaan pesantren membangkang, tidak taat aturan kemudian mendudukan pesantren dengan Universitas. “ perlu dicatat baik-baik sebelum negara ini terbentuk, Pesantren sudah ada dan terlibat aktif dalam perjuangan kemerdekaan jadi pahami soal nilai ini, latar historis pesantren. Kami ini menjaga marwah pesantren dan kiai. Untuk itu pernyataan Hermanto sebagai Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Cirebon kami nllai buruk,” jelasnya.

Kang Inu meminta, Hermanto untuk meminta maaf secara terbuka karena  pernyataannya telah banyak menyasar pondok Pesantren dengan menyebut Mayoritas.

Penulis : Uyat