Wakil Ketua DPRD Kab. Kuningan Apresiasi Aksi Tanggap POLRES Kuningan.

Ciremai News

Kuningan, Ciremainews – Bertempat di Lapangan Pandapa Paramata, Polres Kuningan menggelar Apel Gelar Pasukan dan Peralatan tentang Direktif Petunjuk dan Arahan Antisipasi Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2020. Senin (13/07/2020)

Hal ini dilakulan sebagai persiapan awal Kabupaten Kuningan memasuki serta menghadapi musim kemarau dimana resistensi kebakaran hutan terjadi. Tentunya antisipasi merupakan sebuah keharusan yang harus di lakukan salah satunya dengan menggelar simulasi penanganan kebakaran hutan serta lahan.

Pihak Kepolisian Kabupaten Kuningan mengharapkan adanya koordinasi penanganan yang tepat dan jelas hal ini disampaikan didepan undangan yang hadir terkhusus disampaikan kepada Pimpinan DPRD Kabupaten Kuningan yang di hadiri oleh Drs. H. Ujang Kosasih, M.Si

“Saya mengapresiasi langkah Polres Kuningan dalam menggelar persiapan menghadapi musim kemarau terutama Hutan dan Lahan Produktif maupun hutan lindung yang menjadi perhatian khusus karena rentan terbakar” Ujar H. Ujang Kosasih

“Peran Kodim 0615 Kuningan, BPBD, DAMKAR, DINSOS, serta Semua Stakeholder memiliki peranan penting juga dalam penanganan hal tersebut dan itu harus kita apresiasi bersama” Lanjut H. Ujang Kosasih.

Harapan Pimpinan DPRD Kuningan Drs. H. Ujang Kosasih M.Si dengan digelarnya hal tersebut adalah tidak berhenti pada rangkaian aktivitas formalis semata. Pemetaan lahan hutan yang rentan dan jalinan komitmen yang kuat antara semua steakholder terkait mulai dari Pemerintah Daerah, Polres Kuningan,  Kodim 0615 Kuningan, Lembaga-Lembaga Sosial Kemasyarakatan yang selalu turut ikut serta dalam setiap bencana kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kabupaten Kuningan dan keterlibatan masyarakat Kabupaten Kuningan dalam proses pemadaman kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Kuningan menjadi upaya yang realistis dalam menangani dan faktor resiko di Hutan Gunung Ciremai.

“Khusus kebakaran Hutan dan Lahan yang terjadi di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), pihak Balai Taman Nasional Gunung Ciremai harus menjadi garda terdepan dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah kabupaten kuningan.” Tutup H. Ujang Kosasih. (Uyat Al Magrobi)