Kemah Bakti Pemuda Cipedes, Harapan Pemuda membentuk Desa

Kuningan, Ciremainews- Peringatan kemerdekaan Republik Indonesia merupakan momen setiap orang menggali kembali harapan-harapanya untuk membentuk masa depan yang lebih baru dengan mengambil semangat para pejuang 45. Hal ini mejadi dasar para pemuda desa menciptakan situasi ke arah tersebut.

Di desa Cipedes Kelompok Pemuda Karangtaruna menggelar Kemah Bakti di Hari Kemerdekaan sebagai upaya merumuskan konsep pengabdian. Ketua Karangtaruna Eka Kasmarandana menganggap kemah bakti sebagai cara menerjemahkan konsep Trisakti Bung Karno yakni Sebuah bangsa yang merdeka dan berdaulat perlu dan mutlak memiliki tiga hal, yakni berdaulat di bidang politik, berdikari (berdiri di atas kaki sendiri) di bidang ekonomi, dan berkepribadian di bidang kebudayaan. “Kemah Bakti ini punya Orientasi membangun generasi desa, saya meyakini awal membangun peradabaan yang baik di mulai dari desa dengan berpedomam pada konsepsi Trisakti Soekarno” Kata Eka

Kemah Bakti yang digelar tiga hari dua malam di Lapang Bola Desa Cipedes di mulai pada tanggal 16 Agustus 2020 di isi dengan Peserta dari setiap kampung kemudian acara di isi dengan nuansa kedekatan kultural yakni Majangkeun Duduluran Ngarakeutkeun Babarayaan sebagai menggali keinginan pemuda-pemudi terhadap pembangunan desa, aspirasi kaum muda.
“Materi Kemah Bakti dibuat sangat santay, karena kedekatan ini yang kita inginkan” ujar Eka

Pada malam puncak kemah Bakti terlihat beragam warna tenda dengan lampu lampion beragam warna menerangi lapangan desa Cipedes serta bendera merah putih. kemerdekaan di desa Cipedes mendekatkan tali silaturahmi antar sesama. Jayalah Indonesia.(Uyat Al Magrobi)