CirebonheadlineJabarnesiaPemilu 2024

Langkah Strategis, Panwascam Astanajapura Pastikan Kampanye Pemilu Berjalan Lancar dan Damai

CiremaiNews.com, Cirebon,- Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Astanajapura menggelar
Rapat Koordinasi Pengawasan Kampanye. Terkait kampanye umum dan Iklan Kampanye pada Pemilu Tahun 2024. bertempat di Kedai Kopi Pojok Desa Mertapada Wetan, Jum’at (26/1/2024)

Kegiatan Rapat Koordinasi Pengawasan pada masa kampanye ini diperlukan upaya pengawasan yang maksimal oleh jajaran pengawas, baik di tingkat kecamatan maupun tingkat kelurahan/desa hingga pengawas TPS.

Ketua Panwaslu Kecamatan Astanajapura Muhammad Ali Akbar dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memastikan pengawasan yang efektif dan berkualitas bagi Panwaslu Desa se Kecamatan Astanajapura.

“Tahapan kampanye ini tidak hanya menjadi momentum penting bagi
peserta pemilu, tetapi menandai fase bahwa semakin penting dan padatnya peran
Bawaslu dalam mengawasi proses kampanye pada pemilu 2024,” ujarnya.

Ia mengatakan kampanye merupakan sebuah tahapan yang kerap memiliki dinamika cukup banyak dibandingkan dengan tahapan yang lainnya. Hal tersebut lantaran dipengaruhi
beberapa faktor diantaranya tahapan kampanye melibatkan banyak pihak. Baik itu
peserta yang terdiri dari Pasangan Calon (Paslon), Tim Kampanye, dan Masyarakat.

” Dengan demikian Panwaslu Kalurahan/Desa sudah seharusnya mempunyai persepsi yang sama dalam memahami regulasi yang berkaitan dengan tahapan kampanye,” tuturnya.

Ia menegaskan pentingnya pemahaman bersama terkait beberapa peraturan yang
mengatur tahapan kampanye. “Dalam konteks ini, pemahaman yang komperhensif mengenai peraturan-peraturan tersebut menjadi kunci utama untuk memastikan pelaksanaan kampanye yang sesuai dengan regulasi yang mengatur tentang kampanye,” pungkasnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi (Kordiv) Penanganan Pelanggaran dan Penanganan Sengketa Panwaslu Kecamatan Astanajapura, Ahmad Syathori menjelaskan tentang segala aturan terkait pelaksanaan rapat umum dan iklan kampanye yang telah diatur secara lengkap di PKPU Nomor 15 dan 20 tahun 2023.

“Rapat koordinasi ini menjadi langkah strategis untuk memastikan kelancaran tahapan kampanye dan pengawasan semua tahapan pemilu di wilayah Kecamatan Astanajapura,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Ahmad Syathori juga menekankan kepada Panwaslu Desa dalam
menjalankan tugas di lapangan untuk selalu berkoordinasi dengan para pihak dan
semua harus didokumentasikan. effendi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *