CirebonheadlineJabarnesiaPemilu 2024

Majalengka Siapkan Lomba TPS Unik dalam Upaya Tingkatkan Partisipasi Pemilih di Pemilu 2024

CiremaiNews.com, Majalengka – Pemerintah Kabupaten Majalengka mempersiapkan strategi kreatif untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu 2024. Hadiah senilai Rp10.000.000 disiapkan untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan desain unik. Tim khusus akan menilai kreativitas TPS sambil mengawasi pelaksanaan pencoblosan.

Pj Bupati Majalengka, Dedi Supandi, menyampaikan bahwa pada hari pencoblosan, 14 Februari 2024, pihaknya dan Forkopimda akan melakukan pemantauan di beberapa titik untuk mengawasi setiap TPS. Lomba unik TPS telah diumumkan sebelumnya kepada desa dan kelurahan.

“Kami akan melakukan monitoring pada hari H, dengan menyoroti TPS yang unik karena adanya lomba. Setelah meninjau beberapa titik, kita akan membuka quick count di pendopo,” ungkap Dedi saat meninjau banjir di Kertajati pada Senin (12/02/2024).

Dedi juga menyinggung TPS yang rawan banjir, mengatakan bahwa pemetaan TPS rawan banjir dan bencana alam lainnya telah dilakukan. Antisipasi dilakukan dengan Camat memimpin evakuasi jika diperlukan, dan Kepala Desa membuat surat berita acara pemindahan lokasi TPS.

Kapolres dan anggotanya bertanggung jawab atas pengamanan logistik, termasuk kotak suara, surat suara, dan berita acara. Meskipun terjadi banjir di beberapa desa, Pj Bupati akan melaporkan situasi tersebut kepada Bawaslu dan KPU Majalengka, menyusul penyebaran surat panggilan kepada calon pemilih oleh petugas KPPS.

Pj Bupati juga mencatat bahwa sejumlah petugas KPPS menjadi korban banjir, menyebabkan kemungkinan keterlambatan pendistribusian surat panggilan. Dedi menekankan kerjasama dan bantuan dari pihak lain sebagai langkah mengatasi hambatan tersebut. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *