Uncategorized

Kunyit, Sikuning Dengan Segudang Manfaat

CiremaiNews.com, serba-serbi – Kunyit (Curcuma longa Linn) merupakan jenis rempah asli Asia Tenggara. Rempah yang satu ini terlihat begitu mudah hidup, terutama daerah tropis dengan cahaya matahari cukup. Maka kunyit akan tumbuh sangat subur.


Dari sejak nenek moyang terdahulu, kunyit sudah dikenal sebagai rempah yang memiliki segudang manfaat, terutama sebagai obat. Selain sebagai obat, kunyit juga bisa menjadi suplemen daya tahan tubuh. Zat anti kataral yang terdapat dalam kunyit bisa memerangi virus yang menginfeksi saluran pernapasan.


Selain itu beberapa manfaat kunyit yang seringkali dijadikan sebagai bahan utama pembuatan obat-obatan antara lain ; mengurangi rasa mual, mengatasi perut kembung, mengurangi nyeri saat haid, penawar racun dan lain-lain.


Untuk para penderita diabetes, kunyit juga bisa mengendalikan kadar gula dalam darah. Serta meningkatkan insulin agar diabetes lebih mudah ditangani. Untuk yang sering terkena infeksi, kunyit juga baik dalam melawan infeksi karena berungsi melawan perkembangan jamur dan bakteri penyebab infeksi.


Sementara itu, bagi mereka yang mengidealkan bentuk tubuh. Maka, kunyit juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk menjadi bagian dari program diet, karena kunyit yang dikombinasikan dengan asam jawa bisa menurunkan berat badan, jika dikonsumsi secara rutin.


Untuk memiliki kunyit selain dengan membeli, bisa dengan menanam sendiri. Baik di lahan luas maupun di lahan terbatas seperti polybag. Dan untuk perawatannya sendiri, asal selalu cukup air dan cahaya matahari, maka kunyit akan tumbuh dengan subur.


Yuk, minum kunyit tiap hari, baik buat kesehatan dan tanfa efek samping dengan konsumsi yang tepat. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *