Luncurkan Buku “Adi Berani Makan Sayur”Bunda Paud : Mari Tingkatkan Minat Baca Anak

CiremaiNews.com,- Hari ini menjadi momen bersejarah bagi Kabupaten Kuningan, dimana Bunda Paud Kuningan, Hj. Ika Siti Rahmatika SE, yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kuningan, secara resmi meluncurkan buku berjudul “Adi Berani Makan Sayur.” Karya kolaboratifnya dengan Dr. Elon Carlan ini diadakan di Pendopo Kabupaten Kuningan.Jum’at (8/9/2023)

Acara peluncuran ini dihadiri oleh Bupati Kuningan, H. Acep Purnama SH MH, yang dengan antusiasnya ikut serta dalam perhelatan ini. Buku ini diterbitkan oleh PT Erlangga, yang berpusat di Jakarta. Turut hadir dalam acara ini Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua DWP, dan Ketua PGRI.

Dalam sambutannya, Ika Rahmatika menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah mendukung kelahiran buku “Adi Berani Makan Sayur.”

“Alhamdulillah, bersama Dr. Elon Carlan dan bantuan ilustrasi dari adinda Larasputri, kami berhasil menerbitkan buku ini. Kami berharap buku ini dapat memberikan manfaat, khususnya dalam meningkatkan minat baca anak-anak dan mendukung peningkatan literasi di Kabupaten Kuningan,” ujar Ika.

Mengenai judul buku ini, Ika menjelaskan, “Adi” diambil dari nama Adipati Ewangga. Tujuan utama buku ini adalah untuk menginspirasi anak-anak agar gemar makan sayur, sekaligus membantu mengatasi masalah stunting di Kabupaten Kuningan.

Ika juga mengajak seluruh guru PAUD untuk mendorong anak-anak didiknya agar mengenal dunia literasi melalui kegiatan membaca dan menulis. Ia berharap kolaborasi ini akan terus berlanjut demi mendukung peningkatan indeks literasi di Kabupaten Kuningan.

Sementara itu, Subekti, Kepala Cabang Erlangga Bandung, berharap bahwa peluncuran buku ini akan menjadi awal bagi karya-karya hebat lainnya. Buku ini tidak hanya akan tersedia di Kabupaten Kuningan, melainkan juga akan dipasarkan di seluruh Indonesia, memberikan inspirasi positif bagi anak-anak mulai dari PAUD hingga SD.

Acep juga menyampaikan apresiasi tertinggi kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Penerbit Erlangga, Pokja Bunda Paud, Forum Taman Bacaan Masyarakat Kabupaten Kuningan, Himpaudi, IGTKI, IGRA, serta semua pihak yang telah berkolaborasi dalam pembuatan buku berjudul “Adi Berani Makan Sayur” ini.

Menurut Acep, buku ini sangat bermanfaat untuk dibaca oleh anak-anak usia dini maupun orang tua karena memuat pesan dan ajakan untuk menjadikan makan sayur sebagai bagian penting dalam asupan nutrisi anak-anak. Ini merupakan langkah penting untuk mengurangi angka stunting di masa depan.

Lebih lanjut, Acep berharap buku ini akan menjadi bahan bacaan penting bagi anak-anak dan orang tua, sekaligus menjadi alat untuk mengajak masyarakat meningkatkan indeks literasi. Hal ini juga sebagai upaya untuk mengalihkan perhatian anak-anak dari penggunaan gadget yang berlebihan menuju kegemaran membaca buku. Ia berharap adanya jadwal khusus dalam membaca buku untuk anak-anak di masa depan.

Acep mengakhiri sambutannya dengan harapan bahwa kolaborasi antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Pokja Bunda Paud Kabupaten Kuningan, serta organisasi mitra lainnya akan terus berlanjut, sehingga program-program peningkatan indeks literasi dapat berhasil sesuai dengan tupoksinya masing-masing. Tujuannya adalah mewujudkan masyarakat yang cerdas dan sejahtera menuju Kuningan Maju (Makmur Agamis Pinunjul) berbasis desa pada tahun 2023.(Tatang Budiman)***

  • Related Posts

    Soal SIPEPEK, Pj Bupati Cirebon Wahyu Mijaya: Mari Hargai Pelestarian Budaya Lokal

    CiremaiNews.com, Cirebon,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon tengah mengembangkan aplikasi digital bernama SiPEPEK. Aplikasi ini dirancang untuk memberikan layanan kesejahteraan yang lebih komprehensif dan inklusif kepada masyarakat Kabupaten Cirebon.

    Disdik Kabupaten Cirebon Paparkan Strategi Pelaksanaan PPDB 2024

    CiremaiNews.com, Cirebon,- Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Cirebon telah menyusun strategi agar pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berjalan lancar. Disdik menargetkan seluruh lulusan SD dan SMP bisa melanjutkan sekolah.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Berita Lainnya

    ATR/BPN Cirebon Fokus pada Program PTSL, Keterlambatan Penerbitan Sertifikat Tanah Melampaui SOP

    ATR/BPN Cirebon Fokus pada Program PTSL, Keterlambatan Penerbitan Sertifikat Tanah Melampaui SOP

    Satpol PP Kabupaten Cirebon Bakal Tertibkan 25 Warem Goa Macan

    Satpol PP Kabupaten Cirebon Bakal Tertibkan 25 Warem Goa Macan

    APERSI Sampaikan Keluhan Kenaikan NJOP hingga 1000 persen ke Komisi II DPRD Kabupaten Cirebon

    APERSI Sampaikan Keluhan Kenaikan NJOP hingga 1000 persen ke Komisi II DPRD Kabupaten Cirebon

    Penertiban Warem Goa Macan di Cirebon: Dinkop dan UKM Siap Lakukan Pembinaan

    Penertiban Warem Goa Macan di Cirebon: Dinkop dan UKM Siap Lakukan Pembinaan

    Peduli Kesehatan, Yanuar Prihatin Dukung Penyaluran Alkes ke Seluruh Puskesmas Kuningan

    Peduli Kesehatan, Yanuar Prihatin Dukung Penyaluran Alkes ke Seluruh Puskesmas Kuningan

    Pj Bupati Wahyu Mijaya: Haul Mbah Kuwu Cirebon Momentum Sinergi Pemkab dan FKKC

    Pj Bupati Wahyu Mijaya: Haul Mbah Kuwu Cirebon Momentum Sinergi Pemkab dan FKKC