Pemilu 2024

Panwascam Kedawung Sigap Lakukan Pengawasan Kampanye

CiremaiNews.com, Cirebon,- Panwascam Kedawung mengawasi kampanye hingga larut malam. Itu dilakukan sejak kampanye terbuka Pemilu 2024 dibuka KPU RI, per 28 November lalu.

Ketua Panwascam Kedawung, Adhie Adhitya Nugroho menjelaskan pihaknya selalu siaga dan sigap melakukan pengawasan kampanye di wilayah Kecamatan Kedawung.

Pengawasan dilakukan oleh seluruh jajaran Komisioner, Pengawas Kelurahan Desa (PKD) dan semua unsur kesekretariatan Panwascam Kedawung. “Pengawasan dimulai sejak tahapan kampanye yang dimulai sejak 28 November 2023. Pengawasan kita disiagakan selama 24 jam di seluruh wilayah Kedawung,” kata Adhie.

Adhie mencontohkan ketika melakukan pengawasan agenda konsolidasi Partai Amanat Nasional (PAN) di Desa Kalikoa Rabu malam, 6 Desember 2023 lalu. Ia bersama Kordiv PPPS, Naning Nurtriana, Kordiv P2HM, Euis Fazriyah, serta beberapa PKD.

“Ternyata agenda konsolidasi PAN tersebut menghadirkan artis nasional sekaligus Calon Legislatif (Caleg DPR RI), Charly Van Hounten, yang baru hadir pada pukul 23.00 WIB. Pengawasan pun baru selesai setelah Charly Van Houten dipastikan pulang pada pukul 02.00 dini hari,” tuturnya.

Sementara itu, Kordiv PP PS, Naning Nurtriana, memastikan bahwa seluruh jajaran pengawas dan kesekretariatan Panwascam Kedawung diharuskan berpatroli ke seluruh pelosok RT/RW, gang-gang kecil untuk memastikan ada tidaknya gelaran kampanye oleh peserta Pemilu 2024.

Tak hanya itu, jajaran Komisioner Panwascam Kedawung juga mengarahkan seluruh PKD untuk membuka komunikasi dan berkoordinasi langsung dengan Babinsa dan Babinkamtibnas yang bertugas disetiap desa. Tujuannya adalah untuk menghindari ‘kecolongan’ dari giat-giat kampanye yang tak berizin.

“Kami pun sebelum memasuki tahapan kampanye, sudah melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Muspika seperti Kapolsek, Danramil, Camat. Begitu pun seluruh kuwu, sudah kami sosialisasikan untuk tetap menjaga netralitas ASN,” pungkasnya. (effendi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *