CirebonheadlineJabarnesiaMudik Lebaran

Polresta Cirebon Siap Laksanakan Pengamanan Arus Mudik 2024 dan Pelayanan Bagi Para Pemudik

CiremaiNews.com, Cirebon,- Pos pengamanan dan pelayanan (Pospam – Posyan) Operasi Ketupat Lodaya 2024 jalur mudik. Selain sebagai tempat bagi para petugas Pos tersebut juga telah di sediakan untuk para pemudik yang hendak beristirahat.

Kapolresta Cirebon Kombes Pol, Sumarni mengatakan, pihaknya bersama pemerintah kabupaten, stakeholder terkait baik dari dinas perhubungan ,dinas kesehatan,Kodim 0620 siap dalam melaksanakan kegiatan pengamanan arus mudik dan arus balik lebaran Idul Fitri 2024.

Sumarni menjelaskan, Polresta Cirebon menempatkan Pos pengamanan dan pelayanan di beberapa titik rawan, yakni sebanyak 14 titik, di setiap pos tersebut disediakan tenaga kesehatan. Kemudian masih kata Sumarni ada beberapa pos yang telah disediakan sarana tempat bermain untuk anak kemudian tempat relaksasi kursi pijat dan sebagainya.

” Sehingga ini bisa dimanfaatkan oleh para pemudik yang mungkin kelelahan dalam perjalanannya beristirahat sejenak, kemudian ketika udah pulih kembali mereka sudah boleh melanjutkan perjalanannya lagi,” ungkap Sumarni. disela kegiatan monitoring pospam operasi ketupat lodaya. Kamis (4/04/2024)

Lebih jauh Sumarni mengatakan, terkait pengamanan lalulintas untuk arah putar balik kendaraan pihaknya masih melihat situasional di lapangan. Pasalnya menurut Sumarni, ada beberapa U-turn yang di anggap tidak menimbulkan potensi kemacetan, untuk itu pihaknya pun bekerja sama dengan Dinas Perhubungan.

” Karena kalau u-turn terlalu banyak dikhawatirkan potensi kemacetan atau antrian kendaraan yang akan memutar balik terlalu banyak,” ujarnya.

Oleh karena itu pihaknya menempatkan beberapa petugas di titik untuk menjalankan titik-titik yang paling rawan. Seperti di setiap persimpangan, pertigaan perempatan kemudian di beberapa pasar.

” Seperti di pasar Tegal gubuk yang kita tetap antisipasi jangan sampai aktivitas masyarakat di pasar tersebut menimbulkan kemacetan bagi pengguna jalan yang lainnya,” terang Sumarni.

Sumarni mengimbau, kepada seluruh warga masyarakat yang melaksanakan mudik agar tetap memperhatikan keselamatan dan kesehatan. Kemudian bagi yang mengunakan jalur tol di harapkan tidak berhenti atau beristirahat di bahu jalan sehingga tidak membahayakan pengendara yang lain.

” Cek kendaraan yang akan digunakan jangan sampai terjadi masalah ketika digunakan di perjalanannya karena sangat membahayakan. Apabila lelah atau perlu istirahat segeralah menuju ke rest area terdekat atau keluar tol terdekat. Kemudian bisa menghubungi kami melalui 110, jika terjadi masalah kendaraan dan sebagainya,” tutup Sumarni. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *