headlineJabarnesiaKabupaten Kuningan

Ribuan Warga Meriahkan Festival Durian 2024 di Kabupaten Kuningan

CiremaiNews.com, Kuningan – Sebanyak ribuan warga Kabupaten Kuningan terlihat antusias mengikuti Festival Durian 2024 yang menjadi salah satu bagian dari Calendar Of Event Pemerintah Kabupaten Kuningan. Acara ini berlangsung di Desa Wisata Cibuntu, Kecamatan Pasawahan, pada Sabtu (24/02/2024).

Festival Durian, yang dibuka pada pukul 09.00 hingga 15.00 WIB, memanjakan para pengunjung dengan 6.000 durian lokal asli Kuningan. Live music, tarian tradisional, kampung kuliner, dan produk ekonomi kreatif turut mewarnai acara tersebut.

Memorandum Of Understanding antara Pemerintah Kabupaten Kuningan dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP-RI).

Penjabat Bupati Kuningan, Dr. Drs. H. Raden Iip Hidajat, M.Pd., turut hadir untuk meresmikan pembukaan Festival Durian. Iip Hidajat menyampaikan harapannya agar festival ini mampu mengangkat dan memperkenalkan beragam buah-buahan varietas unggul lokal, seperti nangka dulang, jambu kristal, salak, buah naga, rambutan walahar, melon e-quanik, apel ganjen, dan lainnya.

Dalam sambutannya, Iip Hidajat menekankan tujuan Festival Durian 2024, yang melibatkan masyarakat dalam mengembangkan diversifikasi olahan durian seperti ice cream, durian kocok, dan kue durian. Hal ini diharapkan dapat memajukan pariwisata Kabupaten Kuningan, khususnya di Desa Wisata Cibuntu dan sekitarnya.

Selain menjadi sarana hiburan, festival ini juga menjadi wadah untuk memperkenalkan produk ekonomi kreatif dan kuliner khas Kuningan. Iip Hidajat berharap adanya kolaborasi antara stakeholder dan pelaku usaha pariwisata untuk memajukan sektor pariwisata di Kabupaten Kuningan.

Pada momen Festival Durian, juga dilaksanakan Memorandum Of Understanding antara Pemerintah Kabupaten Kuningan dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP-RI). MOU ini menandai kerjasama dalam pembinaan ideologi Pancasila di Kabupaten Kuningan, dengan harapan dapat memajukan daerah ini secara ekonomi dan sosial.

Acara ditutup dengan penandatanganan MOU oleh Penjabat Bupati Kuningan dan Kepala BPIP-RI, Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA., PH.D. Hadirnya para pejabat tinggi dan tokoh masyarakat serta kesempatan untuk menikmati durian lokal menjadi momen berharga dalam Festival Durian 2024. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *