CirebonheadlineJabarnesiaPemilu 2024

Upayakan Pengawasan Ketat, Bawaslu Kabupaten Cirebon Gelar Pelatihan Saksi Peserta Pemilu

CiremaiNews.com, Cirebon,- Guna mencegah adanya kecurangan pada pelaksanaan Pemilu 2024 Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cirebon menggelar kegiatan pelatihan saksi peserta pemilu.

“Proses pelaksanaan bisa berjalan dengan baik, sesuai aturan yang berlaku,” kata Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dab Informasi Bawaslu Kabupaten Cirebon, Rudi Hartono dalam kegiatan Pelatihan Saksi Peserta Pemilu Tahun 2024 di Kabupaten Cirebon. Rabu (7/2)

Pesta demokrasi tinggal beberapa hari lagi, masih kata dia, oleh karena itu Bawaslu Kabupaten Cirebon mengadakan kegiatan pelatihan tersebut.
“Pelatihan ini bersifat wajib, Pelatihan ini diadakan 6 sesi dibagi selama 2 hari, dan di 2 titik yaitu di gedung PGRI dan gedung PCNU Kabupaten Cirebon, dan dalam kegiatan ini setiap partai politik menyelesaikan 10 perwakilan,” tambahnya.

Rudi menjelaskan tujuan pelatihan tersebut untuk menambah wawasan dan kapasitas para saksi agar dalam pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara berjalan lancar.
“Supaya para saksi mengetahui apa saja peran, kewajiban, tugas, dan apa saja yang harus di kerjakan oleh saksi,” jelasnya.

Tambahnya ada beberapa poin-poin yang harus dilaksanakan para saksi dalam pelaksanaan pemungutan suara yaitu, memastikan tidak ada kecurangan, memastikan pelaksanaan berjalan dengan baik sesuai aturan yang berlaku.

“Para saksi harus memastikan tidak ada manipulasi atau penggelembungan suara,” tuturnya. effendi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *