Anggota DPRD Jabar Ajarkan Pentingnya Legalitas Produk pada UMKM

Sosialisasi legalitas UMKM di Aula Kecamatan Cinjeunjing, Kabupaten Ciamis. Pada Sabtu, (25/9/2023)

Ciremainews.com, Kuningan – Puluhan pelaku UMKM mengikuti sosialisasi pentingnya legalitas produk umkm yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya legalitas produk UMKM di Aula Kantor Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Pada Senin, (25/9/2023).

Hadir sebagai narasumber Anggota Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat, Hj Tina Wiryawati SH, Konsultan UMKM terkemuka, Faisal Hasan Basri, dan Aktivis Penggerak Pendidikan dan Ekonomi, Anah Nurhasanah, memberikan wawasan yang berharga kepada para pelaku UMKM tentang pentingnya legalitas produk dalam mengembangkan bisnis mereka.

Hadir sebagai narasumber Anggota Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ciamis, Hj Tina Wiryawati SH, Konsultan UMKM terkemuka, Faisal Hasan Basri, dan Aktivis Penggerak Pendidikan dan Ekonomi, Anah Nurhasanah, memberikan wawasan yang berharga kepada para pelaku UMKM tentang pentingnya legalitas produk dalam mengembangkan bisnis mereka.

Dalam sambutannya, Hj Tina Wiryawati menekankan pentingnya mematuhi peraturan dan perundang-undangan terkait legalitas produk UMKM. 


“UMKM adalah tiangnya perekonomian, yang merupakan unsur penting dalam sebuah pembangunan,” ujar Tina, Legislator Gerindra Dapil XIII Jabar.

Ia juga menguraikan manfaat yang dapat diperoleh oleh para pelaku UMKM jika produk-produk mereka memiliki legalitas yang sah, termasuk peningkatan kepercayaan konsumen dan akses ke pasar yang lebih luas.

Sementara itu, Faisal Hasan Basri berbagi pengetahuannya tentang proses perizinan dan cara mengoptimalkan legalitas produk bagi UMKM. 

“Penting bagi UMKM untuk memahami bahwa proses perizinan adalah langkah awal menuju kesuksesan. Ini termasuk izin usaha, izin lingkungan, dan izin kesehatan yang harus diperhatikan dengan seksama,” ujar Faisal Hasan Basri yang juga Coach di Tina Wiryawati Center (TWC).

Selain itu, Faisal Hasan Basri menekankan, NIB adalah identifikasi resmi yang akan membuka pintu akses ke berbagai program dan layanan pemerintah. Ini adalah langkah kunci dalam mengukuhkan usaha UMKM.

Tentang Kredit Usaha Rakyat (KUR), dia menjelaskan, KUR adalah peluang finansial yang tidak boleh dilewatkan oleh UMKM. Dengan persyaratan yang jelas, ini dapat membantu UMKM dalam mengembangkan usaha mereka secara signifikan.

Ia juga memberikan tips praktis kepada para peserta mengenai langkah-langkah yang dapat diambil untuk memastikan produk UMKM mereka memenuhi semua persyaratan hukum.

Sementara itu, Kasie Perekenomian Kecamatan Cijeunjing, Gina Hayati berharap sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada UMKM tentang pentingnya legalitas produk dan berbagai proses yang harus mereka ikuti untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis mereka.

 “Semoga dengan acara sosialisasi ini, dapat diimplementasikan oleh para pelaku UMKM agar wawasan yang diperoleh dalam pengembangan bisnis mereka. Dengan semakin meningkatnya kesadaran akan legalitas produk, diharapkan UMKM di Kabupaten Ciamis dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih baik,” tutup Gina.

Saat sesi tanya jawab, salah seorang peserta, Pedagang Cimpring Ani, mengatakan sosialisasi ini sangat bermanfaat. “Kami sekarang lebih memahami pentingnya legalitas produk. Ini akan membantu kami memperluas pasar dan meningkatkan kepercayaan pelanggan,” kata Ani.***

  • Related Posts

    Persiapan Porprov 2025, Pj Bupati Cirebon Optimis Para Atlet Bawa Kabupaten Cirebon Berprestasi

    CiremaiNews.com, Cirebon,- Pj Bupati Cirebon, H. Wahyu Mijaya, membuka secara resmi tes parameter atlet untuk persiapan menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2025.

    Dr Alfan Kembalikan Formulir Cabup Kuningan, PKS – Nasdem Rajut Nostalgia Pilpres

    Persiapan untuk kontestasi Pilkada 2024 yang semakin dekat, DPD PKS Kuningan telah meningkatkan upaya konsolidasi politik mereka. Fokus utama konsolidasi ini adalah dukungan yang kuat untuk Dr. Alfan Syai’i sebagai calon Bupati Kuningan.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Berita Lainnya

    Polresta Cirebon Amankan 3 Orang Pengguna Narkoba

    Polresta Cirebon Amankan 3 Orang Pengguna Narkoba

    Pj Bupati Cirebon Dukung Implementasi Sertifikat Tanah Elektronik untuk Tingkatkan Keamanan dan Efisiensi

    Pj Bupati Cirebon Dukung Implementasi Sertifikat Tanah Elektronik untuk Tingkatkan Keamanan dan Efisiensi

    Jaring Atlit Berprestasi Kabupaten Cirebon Siap Gelar Porkab dan Tarkam

    Jaring Atlit Berprestasi Kabupaten Cirebon Siap Gelar Porkab dan Tarkam

    PT Kereta Api Indonesia Gelar Pelayanan Kesehatan Gratis di Jalur Kereta Api Melalui Rail Clinic

    PT Kereta Api Indonesia Gelar Pelayanan Kesehatan Gratis di Jalur Kereta Api Melalui Rail Clinic

    KPU Majalengka Coklit Al Mizan, Kiai Maman Ucapkan Apresiasi Jelang Pilkada 2024

    KPU Majalengka Coklit Al Mizan, Kiai Maman Ucapkan Apresiasi Jelang Pilkada 2024

    Pelantikan Lasqi Nusantara Jaya, Diharapkan Sebagai Media Dakwah Islami

    Pelantikan Lasqi Nusantara Jaya, Diharapkan Sebagai Media Dakwah Islami