CirebonJabarnesia

BM Akbar Se-Jawa Madura Bakal Kaji Tema dan Tren Permasalahan di Tengah Masyarakat

CiremaiNews.com, Cirebon,- Tema-tema yang menarik dan tren permasalahan di tengah masyarakat bakal menjadi pembahasan serta kajian di agenda Bahtsul Masail (BM) akbar se-Jawa dan Madura.

Ketua Panitia BM akbar se-Jawa dan Madura, Kiai Khozinatul Asror mengatakan, semua tema dan topik tren tersebut bakal dibahas dan kaji melalui kaca mata ilmu fikih dengan melibatkan para ahli di bidangnya.

Bahtsul Masail (BM) akbar se-Jawa dan Madura, bakal digelar di rangkaian Haul ke-93 KH Muhammad Sa’id atau Mbah Sa’id, pendiri Pondok Pesantren Gedongan, Kabupaten Cirebon. BM tersebut dijadwalkan pada Kamis (18/1/2024).

Kiai Khozinatul Asror menyampaikan, para kegiatan itu pihaknya bekerja sama dengan LBM PCNU Kabupaten Cirebon dan panitia Haul Mbah Sa’id Gedongan ke-93 menggelar BM akbar yang melibatkan para ahli fikih se-Jawa dan Madura.

“Dalam rangka Haul ke-93 KH Muhammad Sa’id, Sesepuh dan warga Pondok Pesantren Gedongan, kita akan menggelar BM akbar se-Jawa dan Madura, pada 18 Januari 2024 nanti,” kata Kiai Khozinatul.

Kegiatan yang bakal berlangsung di Masjid Agung Ponpes Gedongan tersebut, lanjut dia, dijadwalkan dari pagi hingga sore hari. Nantinya, kata dia, ada tiga komisi yang membahas persoalan bangsa yang tengah terjadi saat ini.

Untuk Komisi A, kata dia, akan membahas masalah pinjaman online (Pinjol), pemakaman koruptur di makam pahlawan, dan masalah perpajakan. Komisi B, tema yang bakal dibahas soal batas pemimpin dan rekam jejak, masalah konten berbahaya, serta permainan slot.

Sedangkan untuk Komisi C, bakal membahas tema soal masalah limbah industri, shadaqah politik, dan memancing ikan. “Semua tema dari masing-masing komisi bakal dibahas oleh para ahli di bidang fikih,” katanya.

Ia berharap, kegiatan yang akan dilaksanakan tersebut bisa berjalan dengan baik. Dan yang paling penting, kata dia, hasil BM akbar se-Jawa dan Madura itu, bisa membawa kemaslahatan bagi umat, bangsa dan negara.

Sementara itu, Ketua Panitia Haul Mbah Sa’id ke-93, KH Ahmad Marzuki Hasanuddin menjelaskan, banyak rangkaian kegiatan dalam memperingati Haul Mbah Sa’id Gedongan. Pihaknya pun telah mengundang sejumlah tokoh nasional.

Pada pembukaan yang dimulai dengan pagelaran seni dan budaya, dihadiri Buya Syakur Yasin, Sujiwo Tejo, Lesbumi PCNU Kabupaten Cirebon dan budayawan se-Wilayah Ciayumajakuning.

“Sementara pada momen puncak haul rencananya mengundang presiden dan wakil presiden serta beberapa kabinetnya. Mulai Menteri Agama, Menteri Pemuda dan Olahraga, Menteri Kesehatan, dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian,” katanya. (effendi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *