headline

Bupati Kuningan Resmikan Jalan Baru Cisantana-Cipari di Hari Jalan Tahun 2023

CiremaiNews.com, Kuningan – Hari peringatan ke-78 dan Aksi Daerah sekaligus memperingati Hari Jalan Tahun 2023 pada Minggu (3/12/2023), Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH.,MH, secara resmi membuka Jalan Baru Cisantana-Cipari yang memiliki panjang 2,2 kilometer dan lebar 7 meter.


Proyek pengerjaan yang dipercayakan pada PT Mahakarya Limac Jakarta Timur ini diresmikan tepat sehari sebelum purna jabatannya sebagai Bupati Kuningan. Kebahagiaan itu disampaikan pada sambutannya. Progres positif yang sudah dirasakan oleh masyarakat dengan kondisi jalan yang berhotmik dan mulus, salah satunya mengurai kemacetan menuju lokasi wisata yang kebanyakan berada di daerah Cisantana-Cigugur.


Ucapan terima kasih disampaikan Bupati Acep kepada Kementriaan PUPR atas bantuan yang diberikan dalam pembangunan jalan tersebut. “Pembangunan Jalan Cipari-Cisantana sangat berpengaruh penting untuk pengembangan pariwisata,” ujarnya.


Jalan baru Cipari-Cisantana ini memiliki potensi wisata yang signifikan, terutama kawasan Kawasan Cisantana, Palutungan dan Puncak, yang akan berdampak baik pada tumbuh kembang perekonomian, sosial, budaya, pemberdayaan sumber daya alam dan lingkungan hidup.


I Putu Bagiasna sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata ruang (DPUPR) Kabupaten Kuningan, mengataan jalan lingkar ini memiliki peran penting dalam memecah kemacetan dan meningkatnya aksesibilitas ke kawasan pariwisata menuju Gunung Ciremai khusunya Palutungan.


“Dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang terbatas, tetap mampu menyelesaikan pembangunan jalan ini oleh Balai Pengembangan Jalan Nasional Daerah Khusus Ibukota (DKI) – Jawa Barat Kementriaan PUPR,” papar Putu Bagasiana.


Kendaraan yang sering menumpuk dan memicu terjadinya kelakaan, terutama di simpang Tanjakan Dablu, karena memiliki geometric simpang yang diluar standar. Selain itu pertumbuhan pesat lokasi wisata, rumah makan di sekitar jalan lingakr menunjukan damapak positif bagi sektor pariwisata.


Tokoh-tokoh penting ang ikut hadir dalam peresmian diantaranya Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta – Jawa Barat, Ir. Brawijaya SE.,ME, MS, Ph.D, Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Dian Rachmat Yanuar, M.Si, Kepala Dinas PUTR Kabupaten Kuningan, Ir. I putu Bagasiana, MT, Kapolres Kuningan, Dandim 0615 Kuningan, Forkopimda kabupaten Kuningan serta undangan lainnya.


Proyek lain dari anggaran IJD adalah preservasi Jalan Cipasung-Subang_Cilebak, Proyek ini ditangani PT. Primayasa Adiguna Kota Banjar Jawa Barat dengan waktu pengerjaan kurang lebih 160 hari kerja. Di akhir acara Bupati Acep menyerahkan penghargaan kepada Kepala DPUPR yang telah pensiun.


Bentuk apresiasi dan jasa atas loyalitasnya diberikan kepada H. Didi Surtardi, H. Rusliadi, H.M. Ridwan Setiawan dan H. Jajat Sudrajat. Semoga apa pun yang menjadi upaya pembangunan jalan yang ada di Kabupaten Kuningan, akan menjadi sarana dalam peningkatan kesejahteraan masyarakatnya. (Vera)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *