majalengka

Evaluasi Promosi Wisata di BIJB Kertajati Dievaluasi PJ Gubernur

CiremaiNews.com, Majalengka – Keberadaan fasilitas mendongkrak kunjungan wisata di kawasan aglomerasi Cirebon dan sekitarnya. Bey Triadi Machmudin PJ Gubernur mengevaluasi kegiatan promo di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

“Memang seharusnya (kunjungan wisatawan) bisa meningkat. Kami nanti koordinasi dengan kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat,” kaya Bey saat dikonfirmasi di Cirebon, Jawa Barat, Rabu.

Bey mengatakan sejak BIJB Kertajati beroperasi penuh pada 29 Oktober 2023 lalu, kegiatan promosi kepada para penumpang sudah digencarkan agar kawasan Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning) menjadi salah satu destinasi.

Artinya, saat penumpang melakukan perjalanan dari dan menuju BIJB Kertajati maka kawasan Ciayumajakuning dapat disinggahi sebagai daerah tujuan wisata.

“Sudah diarahkan (promosi), tapi mungkin detail seperti apa nanti. Apakah promosinya kurang di BIJB Kertajati,” ujarnya.

Selain promosi, dia menilai rute penerbangan internasional di BIJB Kertajati belum terlalu banyak. Hanya ada beberapa maskapai penerbangan yang melayani rute perjalanan menuju Malaysia dari bandara tersebut.

Oleh sebab itu, pihaknya masih optimis secara perlahan aktivitas penerbangan di BIJB Kertajati dapat mendongkrak kunjungan wisata dan menghidupkan perekonomian di Ciayumajakuning.

“Intinya memang seharusnya justru dengan adanya BIJB ini Ciayumajakuning lebih maju lagi,” tuturnya.

Lebih lanjut, Bey mengemukakan kawasan Ciayumajakuning memiliki beberapa destinasi unggulan yang bisa ditawarkan kepada turis sebagai objek wisata premium.

Dia menyebutkan salah satu destinasi itu adalah Waduk Darma di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, yang memiliki panorama dan ciri khas tersendiri dibandingkan dengan objek wisata di daerah lain.

“Seperti kemarin saya ke Kuningan ke Waduk Darma, itukan sebetulnya udara sejuk seperti di Bali. Tapi memang detail-detailnya kurang maksimal. Seharusnya ada pariwisata premium di daerah-daerah seperti ini,” ungkapnya.

Bey menekankan agar semua kepala daerah, khususnya di Ciayumajakuning terus menggencarkan promosi dan mengadakan acara-acara tertentu yang mengundang minat wisatawan.

“Itu (promosi dan pembentukan wisata premium) yang harus kita kembangkan,” ucap dia.

Sebelumnya, Pemprov Jawa Barat merilis informasi pada Kamis (28/12) yang memuat data tingkat okupansi penumpang di BIJB Kertajati sudah berada di angka sebesar 71,25 persen.

BIJB Kertajati setiap harinya melayani sekitar 1.589 penumpang dengan frekuensi rute tertinggi perjalanan menuju Denpasar, Bali sebesar 58 persen. Selain itu, BIJB Kertajati juga telah melayani lalu lintas kargo dengan jumlah rata-rata 7.038 kilogram per hari. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *