CirebonheadlineJabarnesia

KPU Kabupaten Cirebon Gelar Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu 2024

CiremaiNews.com, Cirebon – Acara pembukaan rekapitulasi hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon. Kegiatan dilaksanakan di kantor KPU setempat pada Selasa (27/02/2024).

Pada agenda itu dihadiri oleh Bupati Cirebon H. Imron serta seluruh jajaran Forkompinda. Antusiasme menyertai acara tersebut, dengan harapan memperoleh gambaran tentang hasil perhitungan yang akan diumumkan oleh KPU.

Bupati Cirebon H. Imron mengatakan Kegiatan ini menjadi sorotan utama, mengingat pentingnya peran KPU dalam menetapkan hasil sah dari Pemilu 2024.
Semua yang hadir tentunya sedang menunggu bagaimana hasil perhitungan dari KPU.

“Kegiatan pembukaan rekapitulasi penghitungan suara ini di gelar oleh KPU kabupaten Cirebon yang di hadiri oleh masyarakat Kabupaten Cirebon,” tutur Imron.

Melalui kesempatan ini, Pemerintah Kabupaten Cirebon mengajak seluruh masyarakat untuk mengikuti proses penghitungan dan memperhatikan siapa saja wakil yang akan mewakili kepentingan mereka di masa mendatang.

Imron menuturkan, bahwa pihaknya, mengucapkan terima kasih kepada seluruh Jajaran KPU, Bawaslu, TNI, Polri serta masyarakat Kabupaten Cirebon yang telah turut serta dalam pemilu 2024.

“Nanti kita tunggu saja hasil dari penghitungan KPU siapa saja wakil – wakil rakyat yang dipilih dan dipercaya oleh masyarakat Kabupaten Cirebon,” tutup Imron.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Sopidi mengatakan, rekapitulasi penghitungan suara Pemilu dilakukan melalui berbagai tahapan sampai tingkat Kecamatan. ” Proses pleno hari ini yang di mulai dari berbagai tahapan sampai tingkat kecamatan yang diikuti oleh baik dari saksi Bawaslu, penyelenggara dan parpol,” ujarnya.

Sopidi menyebut, rapat pleno akan berlangsung selama 5 hari, mulai tanggal 27 Februari hingga 2 Maret 2024. Wilayah kabupaten Cirebon dari 40 Kecamatan dibagi 5 hari. ” Jadi satu hari 5 Kecamatan, satu kecamatan harus membacakan 5 jenis pemilu, dengan urutan presiden, DPR RI, DPD, provinsi, kabupaten,”terang Sopidi.

Dikesempatan itu KPU kata Sopidi, pihaknya dengan senang hati siap untuk menerima masukan dan catatan-catatan tetapi prinsip hasil dari pertanggung jawaban itu sudah tertera dalam D hasil yang sebentar lagi menjadi pertanggung jawaban.

Ia pun berharap, agar kegiatan ini menjadi semangat untuk mengawal kegiatan-kegiatan selanjutnya secara bertanggung jawab dan bahagia.

“Mohon do’a nya agar rapat pleno berjalan baik, dan betul-betul dapat mempertanggungjawabkan keutuhan dari hasil dari sebuah proses tahapan pemungutan dan penghitungan suara,” tutup Sopidi. effendi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *