Digitalmajalengka

KPUD Majalengka Gunakan Aplikasi Penghitungan Suara (Sirekap)

CiremaiNews.com, Kuningan – Situng (Sistem Informasi Penghitung Suara) tidak lagi digunakan oleh KPU RI, namun sebagai pengganti KPU akan menerapkan Sitem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) atau penghitung suara elektronik yang akan difungsikan sebagai sarana publikasi bagi masyarakat.


Bertempat di Fieris Hotel Kertajati, Minggu (24/12/2023) Komisi Pemiliha Umum Daerah (KPUD) Majalengka mengadakan Bimbingan Teknis (Bintek) Pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara serta penggunaan aplikasi Sirekap dalam Pemilu 2024.


Dibuka oleh Sekda Majalengka Drs. H. Eman Suherman, MM dihadiri Staf Ahli Bupati, Ketua KPUD Majalengka beserta para Komisioner, Forkopimda, Diskominfo, Kesbangpol dan undangan lainnya. Ketua KPUD Majalengka mengatakan, proses pelaksanaan Pemlu 2024 tinggal 51 hari lag akan segera dilaksanakan.


Untuk KPU Majalengka sendiri telah menerima kelengkapan pemilu berupa surat suara yang sudah ada di gudang KPU, terdiri dari surat suara DPRD RI yang disimpan di 5 gudangyang telah di sewa oleh KPU.

“Logistik surat suara sudah kami terima, sebanyak 1.020.654 DPRD Kabupaten, 1.020.654 DPRD Provinsi dan 1.020.653 DPR RI. Sedangkan surat suara Presiden dan DPD masih dalam proses percetakan,” ujarnya


Bintek Sirekap dibagi menjadi dua gelombang dari 26 kecamatan yang diikuti PPK 130 orang dan PPS 1.290 orang. Tujuan dari penggunaan Sirekap itu sendiri karena prosesnya cepat dan diakses public, sehingga selain memudahkan tahapan rekapitulasi, juga diharapkan dapat menjaga hasil suara di TPS tetap sama.


“Aplikasi Sirekap ini terbagi dua yakni Sirekap Web dan Sirekap Mobile, KPU akan memberikan akun kepada salah satu petugas KPPS. Usai penghitungan suara, secara manual petugas akan merekapnya dalam hasil penghitungan ke dalam C Plano. Untuk kemudian difoto dan dimasukan kedalam Sirekap Mobile,” jelasnya.


Sekda Kabupaten Majalengka dalam kesempatan tersebut berharap agar Pemilu 2024 berjalan secara kondusif dan aman.


“Demi menjaga keamanan dan ketertiban dalam proses pelaksanaan PEmilu 2024 nanti, KPU Majalengka bisa memberikan sosialisasi kepada para peserta pemilu dengan bersinergi bersama TNI/Polri, Bawaslu dan Kajari serta instansi terkait lainnya,” harapnya.


Semoga dengan dilaksanakan Bintek ini, bisa memberikan pengetahuan dan pendalaman tentang pelaksanaan pemilu serta menjaring petugas pemilu yang jujur, adil dan akuntabel. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *