Cirebonheadline

Mata Sehat, Masa Depan Cerah: Puluhan Anak Cirebon Raih Kacamata Gratis

CiremaiNews.com, Cirebon – Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, memimpin acara pemberian kacamata gratis kepada puluhan anak di Aula Rumah Sakit Sumber Waras, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon, Jum’at (12/1/2024). Inisiatif ini terintegrasi dalam program vision, bakti sosial yang diprakarsai oleh Lions Club Cirebon Cakrabuana, Rumah Sakit Sumber Waras Cirebon, dan Puskesmas Waruroyom Depok, sebagai upaya mendukung Hari Ulang Tahun Melvin Jones.

Pembagian kacamata tersebut merupakan bagian dari bakti sosial program vision, dalam rangka Hari Ulang Tahun Melvin Jones yang diprakarsai oleh Lions Club Cirebon Cakrabuana, Rumah Sakit Sumber Waras Cirebon, dan Puskesmas Waruroyom Depok.

Perempuan yang akrab disapa Ayu ini mengatakan, kacamata tersebut dibagikan kepada delapan puluh anak yang mengalami gangguan penglihatan.

Menurut Ayu, saat ini muncul fenomena banyak anak usia dini yang mengalami gangguan penglihatan. Hal tersebut, salah satunya diakibatkan karena sering menggunakan gadget (gawai).

“Saya tanya tadi, ternyata beberapa dari anak-anak ini ada yang main gadget sampai lima, enam jam. Ini jelas membawa dampak bagi kesehatan mata,” ujar Ayu.

Selain pemberian bantuan kacamata, Pemkab Cirebon bersama Lions Club Cirebon Cakrabuana dan Rumah Sakit Sumber Waras juga memberikan edukasi kepada orangtua terkait pengawasan penggunaan ponsel pada anak.

Presiden Direktur (Presdir) Lions Club Cirebon Cakrabuana, Lily Marie menyebutkan, pemberian kacamata gratis tersebut merupakan salah satu program bakti sosial Lions Club Cirebon, dan kedepan, program ini akan terus berlanjut setiap tahunnya.

“Ini juga adalah bagian dari program Mataku Jendelaku. Saya pikir, mata menjadi hal yang sangat utama, karena bisa membentuk kecerdasan anak,” ujar Lily.

Selain pemberian kacamata gratis, kata Lily, pihaknya bersama Pemkab Cirebon juga akan menggelar operasi katarak gratis serta donor darah. (effendi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *