headlineJabarnesiaKabupaten Kuningan

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XLIX Tingkat Kabupaten Kuningan Siap Digelar di Kecamatan Darma

CiremaiNews.com, Kuningan – Pada tanggal 21 hingga 22 Februari 2024, Kabupaten Kuningan akan menjadi saksi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XLIX tingkat kabupaten. Kegiatan ini akan berlangsung di Kecamatan Darma, dengan pembukaan dan penutupan yang akan berlokasi di Obyek Wisata Waduk Darma.

Sekretaris Daerah dan Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Kuningan, Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, menyampaikan bahwa MTQ bukan sekadar ajang kompetisi, melainkan juga wujud kepedulian terhadap syiar Islam. Ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman dan keimanan umat Islam terhadap Al-Qur’an.

“Melalui MTQ diharapkan akan melahirkan Qori Qoriah, Hafidz Hafidzah terbaik untuk mewakili Kabupaten Kuningan ke Tingkat Provinsi Jawa Barat. Dengan MTQ XLIX Kita Wujudkan Kabupaten Kuningan yang Agamis,” ungkapnya saat memimpin rapat persiapan MTQ, Senin (12/2/2024).

Dalam upaya mensukseskan acara ini, Sekda Dian mengajak setiap komposisi dan personil panitia agar dapat bekerja optimal, membangun sinergitas dengan semua pihak, dan terus berkomunikasi dengan Pihak Kecamatan Darma terkait kesiapan lokasi kecabangan dan lainnya.

Jadwal pelaksanaan MTQ akan mencakup dua hari, dengan enam cabang yang dipertandingkan, seperti Seni Baca Al-Qur’an, Hafalan Al-Qur’an, Fahmil Al-Qur’an, Syahril Al-Qur’an, Seni Kaligrafi Al-Qur’an, dan Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an. Sebanyak 639 peserta dari 32 Kecamatan Kabupaten Kuningan akan bersaing di 18 venue atau tempat bertanding.

Camat Darma, Rangga Apriatna, S.STP, M.Si, menyatakan bahwa hampir 30 tahun setelahnya, MTQ kembali dilaksanakan di Kecamatan Darma. Sebagai tuan rumah, mereka telah menyiapkan fasilitas seperti rumah singgah, masjid untuk lokasi kecabangan, dan warung amal.

Rapat persiapan MTQ dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Ketua MUI sebagai penasehat, Penanggungjawab Kepala Kantor Kementerian Agama, Dewan Penasehat dari Ormas Islam, Koordinator Bidang Kehakiman, Bidang Keamanan TNI, POLRI, Dishub, Sat Pol PP, Keseketariatan, Bidang Kesehatan, dan bidang lainnya. Semua pihak berkomitmen untuk menjadikan MTQ XLIX sebagai momen yang memperkuat nilai keagamaan dan budaya di Kabupaten Kuningan. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *