Pemilu 2024

Panwascam Karangsembung Selalu Monitoring Pengawasan Tahapan Pemilu

CiremaiNews.com, Cirebon,- Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Karangsembung Kabupaten Cirebon, terus memonitor pengawasan tahapan pemilu 2024. Mereka juga berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja pengawasan pada setiap tahapan Pemilu.

Demikian disampaikan Ketua Panwascam Karangsembung, Mohamad Hasirul Falah. Menurutnya, hal itu dilakukan untuk memastikan tahapan Pemilu 2024 berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan rahasia.

Pihaknya selalu mengevaluasi setiap kegiatan pengawasan pada tahapan Pemilu dan terus memonitor setiap pergerakan. Dari Hasil evaluasi itu, pihaknya melaksanakan sudah melaksanakan rakor bersama para PKD.

Disamping itu, rakor dimaksud untuk memberikan pemahaman regulasi tentang Pemilu sekaligus membahas strategi pencegahan dalam setiap tahapan Pemilu. Selain itu, pihaknya sudah melaksanakan pengawasan dari mulai verifikasi faktual caleg. Tak berselang lama, pihaknya membuka rekrutmen PKD.

“Setelah dilantik, para PKD turun ke lapangan untuk mengawasi rekrutmen Pantarlih sampai ke proses pelantikan. Nah, ketika Pantarlih turun, maka kami mengawasi proses penyusunan pemutakhiran data pemilih dengan mengawasi pencocokan dan penelitian (Coklit) sampai ke penetapan DPT,” ungkapnya.

Dia menambahkan, sebelum memasuki masa kampanye, jajaran Panwascam Karangsembung melakukan penertiban Alat Peraga Sosialiasi (APS) yang melanggar peraturan perundang-undangan.
Sedang dalam waktu dekat ini, pihaknya akan memasuki proses pengawasan logistik.

“Untuk itu, para PKD sudah dikumpulkan untuk dibekali pemahaman terkait pengawasan logistik. Apa yang perlu dicek, Barang apa saja yang perlu diverifikasi dan berapa jumlahnya.
[21/12 13.40] Ismail/Kc: Panwascam Weru Konsisten Lakukan Kerja-kerja Pengawasan di Tiap Tahapan Pemilu

KABARCIREBON- Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Weru, Kabupaten Cirebon, konsisten melakukan kerja-kerja pengawasan di setiap tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ketua Panwascam Weru, Khoirul Amri menyampaikan, pihaknya terus melakukan evaluasi dan peningkatan capaian kinerja di lembaganya. Hal itu dilakukan untuk menyongsong suksesi Pemilu 2024 mendatang.

“Koordinasi dan komunikasi lintas sektoral di level kecamatan intens dilakukan. Baik dengan penyelenggara pemilu, peserta, hingga elemen masyarakat,” kata Amri, Kamis (21/12/2023).

Atas dasar itu, pihaknya sangat siap untuk menghadapi hajat lima tahunan yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang.

“Komisioner Panwascam Weru yang terdiri dari ketua merangkap sebagai koordinator divisi SDM, organisasi, data dan informasi dijabat oleh saya sendiri,” kata Amri.

Setelah dilantik, kata dia, PKD se-Kecamatan Weru pun langsung melakukan pengawasan pencocokan data pemilih (Coklit) yang dilaksanakan pada Februari hingga Maret 2023.

Selain itu Panwascam Weru juga selalu hadir dalam setiap tahapan pada pelaksanaan Pemilu 2024 baik dilakukan oleh PPS maupun PPK.

Pada masa kampanye ini juga Panwascam Weru selalu hadir untuk melakukan pengawasan pada kegiatan kampanye yang dilakukan di wilayah Kecamatan Weru.

“Kami juga selalu memberikan imbauan baik kepada peserta pemilu maupun kepada seluruh pihak agar taat terhadap aturan pemilu 2024 yang tertuang dalam Undang-undang no 7 tahun 2017,” katanya. (effendi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *