IndramayuJabarnesia

Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten di Sindangkerta

CiremaiNews.com, Indramayu – Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Indramayu tahun 2024 telah dilaksanakan di Desa Sindangkerta, Kecamatan Lohbener. Senin (29/4/2024).

Acara penilaian dihadiri oleh Kuwu Desa Sindangkerta, Warsan, Camat Lohbener, H. Mardono, serta anggota Tim Penilai Lomba Desa, BPD, PKK, dan para undangan lainnya.

Kepala Desa Sindangkerta, Warsan, optimis penilaian dalam lomba tersebut dapat menggambarkan potensi dan inovasi yang telah dikembangkan, terutama dalam bidang pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan.

Pihaknya telah menyiapkan diri dengan menampilkan berbagai inovasi dalam tiga bidang penilaian diantaranya Pemerintahan, Kewilayahan, dan Kemasyarakatan. Pemerintah Desa Sindangkerta juga menayangkan video singkat yang menggambarkan kondisi wilayah dan potensi desa, diikuti dengan pemaparan oleh kepala desa.

Produk unggulan desa, seperti UMKM dan mesin pembuatan POC (Pupuk Organik Cair) yang diolah dari limbah sampah organik, menjadi sorotan. “Produk pupuk organik ini langsung kami salurkan kepada para petani, yang kami harap dapat mendukung produktivitas pertanian desa,” ujar Warsan.

Camat Lohbener, H. Mardono menekankan pentingnya inovasi untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD). “Seperti di Sindangkerta, memiliki mesin pembuat POC sendiri merupakan langkah maju untuk desa,” kata dia.

Mardono menambahkan selurug Bumdes telah diinventarisir dan kini mulai aktif kembali, yang dapat menunjang PAD desa.

“Semoga dari hasil penilaian ini, Desa Sindangkerta dapat mencapai peringkat yang memuaskan, walaupun tidak juara 1, minimal masuk 5 besar di tingkat Kabupaten Indramayu,” harapnya.

Di akhir acara, Kuwu Warsan menyerahkan cinderamata berupa produk unggulan desa kepada Tim Penilai sebagai tanda penghargaan dan kerjasama. (April) ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *