JabarnesiaKuningan

Program Database Karang Taruna, Sinergi Pengurus di Kuningan

CiremaiNews.com, Kuningan – Sejumlah hal penting menjadi bahasan dalam rapat kerja (raker) Karang Taruna Kabupaten Kuningan hari ini, termasuk program pendataan (database) di Sadamantra, Senin (8/4/2024).

Ketua Karang Taruna Kuningan, Mumuh Muhyidin, mengungkapkan program ini bertujuan untuk mempermudah koordinasi, kolaborasi, dan konsultasi di antara pengurus Karang Taruna Kabupaten Kuningan.

“Mudah-mudahan dengan adanya data Karang Taruna Desa dan Kelurahan, saya juga bisa banyak tahu siapa Ketua Karang Taruna desa atau Kelurahan,” kata dia.

Program database ini sejalan dengan program serupa di tingkat Provinsi Jawa Barat, yang bertujuan untuk mendata seluruh Karang Taruna di Jawa Barat. Hal ini telah dikomunikasikan dalam Rapat Kerja (Raker) Karang Taruna Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Mumuh  menegaskan database Karang Taruna sangat penting untuk memperkuat jalinan kebersamaan dan kolaborasi di antara pengurus Karang Taruna di Kabupaten Kuningan.

Untuk teknis pendataan, Karang Taruna Kabupaten Kuningan akan melibatkan para Karang Taruna Kecamatan dalam melaksanakan pendataan hingga tingkat Desa dan Kelurahan di wilayah masing-masing.

“Hari ini kita kumpulkan para Ketua Karang Taruna Kecamatan se-Kabupaten Kuningan untuk melaksanakan sosialisasi program Database Karang Taruna. Insya Allah program ini akan mendapatkan berkah dari Allah SWT, karena diluncurkan di bulan Ramadhan,” ungkapnya.

Mumuh juga mengingatkan agar para Pengurus Karang Taruna yang telah habis masa baktinya segera melaksanakan Temu Karya dan Musyawarah Warga Karang Taruna (MWKT) di tingkat Kecamatan dan Desa/Kelurahan.

“Untuk database nanti jangan sampai kepengurusan yang sudah habis masa baktinya dimasukkan. Sesuai arahan dari Provinsi, data itu yang masih berlaku, dibuktikan dengan SK dari Camat dan Kepala Desa atau Lurah,” tegasnya.

Dia juga menambahkan Karang Taruna, sebagai organisasi sosial yang lahir dari rasa kepedulian para pemuda di tengah-tengah masyarakat, memiliki peran yang tidak bisa dipisahkan dari aktivitas pemerintahan.

“Disinilah perlunya komunikasi dan kolaborasi, sehingga nanti kita dari Kabupaten akan melaksanakan konsolidasi ke bawah diawali dengan pendataan,” jelasnya.

Mumuh berharap dapat bersilaturahmi dengan pengurus Kecamatan dan Desa/Kelurahan dalam waktu dekat untuk memperkuat sinergi antara Karang Taruna Kabupaten Kuningan dengan tingkat yang lebih bawah.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *