Uncategorized

Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, Waspadai Serangan Cacar Monyet

Ciri-ciri Cacar Monyet 

CiremaiNews.com, Kuningan – Laporan terbaru diterima WHO sebagai Organisasi Kesehatan Dunia tentang mewabahnya penyakit cacar monyet (monkeypox) di 12 negara non endemis. Tiga negara yang terletak di regional WHO adalah Eropa, Amerika dan Western Pacific.
dr. Hj. Susi Lusiyanti mengingatkan  selaku Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kuningan Walaupun penyakit ini belum masuk ke Kabupaten Kuningan penting bagi masyarakat untuk mengetahuinya dan mewaspadainya.

“Virus ini dapat menular melalui kontak dengan hewan terinfeksi, manusia dan bahan yang terkontaminasi virus. Gejala cacar monyet mirip dengan cacar air biasa, namun lebih ringan. Gejalanya antar lain sakit kepala nyeri otot, kelelelahan yang disertai demam,” ujar ujarnya. 

Selain itu penyakit ini juga bisa mengakibatkan pembengkakan pada kelenjar getah bening. dr. Susi juga menjelaskan bahwa cacar monyet ini merupakan penyakit zoonis langka yang disebabkan oleh virus monkeyfox.  

Tindakan pencegahan sebaiknya dilakukan dengan cara menghindari kontak dengan hewan yang bisa jadi reservoir virus dengan cara mencuci tangan setelah setiap kali kontak dengan hewan atau manusia yang terinfeksi. Dan menggunakan standar SOP saat penangan pasien yang terinfeksi. Walaupun cacar monyet ini tidak memiliki resiko kematian yang tingi. 

Dinas Kesehatan sendiri akan terus memantau perkembangannya agar segera bisa dikendalikan jika terjadi wabah tersebut dengan meminimalisirkan penyebarannya dan melindungi masyarakat secara menyeluruh. Selain itu himbauan untuk masyarakat disampaiak bahwa, “jika ada yang mengalami gejala-gejala tersebut diharapkan masyarakat segera memeriksakan diri ke Pusekesmas atau dokter tedekat untuk segera ditangani.” 

“Selain itu kerjasama semua pihak diharapkan dengan disiplin mematuhi protocol kesehatan, sebagai upaya pencegahan terjadinya wabah cacar monyet ini.” tambahnya. Mari terus biasakan disiplin hidup sehat dan mengkonsumsi makanan yang juga sehat untuk menjaga imunitas tetap kuat agar terhindar dari segala penyakit. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *