headlineKuningan

KPU Kuningan Tutup Pendaftaran PPK Pilkada 2024

CiremaiNews.com, Kuningan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan telah resmi menutup pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2024. Pendaftaran terbuka dimulai tanggal 23 hingga 29 April 2024 melalui Akun SIAKBA, kini telah berakhir.

Sebanyak 160 PPK terpilih akan memainkan peran krusial di 32 kecamatan, dengan setiap kecamatan diisi oleh 5 anggota PPK.

“Pendaftaran Anggota PPK telah ditutup kemarin jam 23.59 WIB,” ungkap Aof, Kadiv SDM dan Parmas KPU Kabupaten Kuningan. Ia menambahkan jumlah pendaftar didominasi oleh laki-laki dengan total 453 pendaftar, sementara perempuan berjumlah 89.

Proses seleksi akan berlanjut dengan verifikasi berkas administrasi, yang hasilnya akan diumumkan pada tanggal 4-5 Mei 2024. Selanjutnya, seleksi tertulis akan dilaksanakan pada tanggal 6-8 Mei 2024 di SMK Muhammadiyah 2 Kuningan dan SMK Negeri 1 Kuningan.

Aof menekankan pentingnya peran PPK dalam kesuksesan Pilkada serentak 2024, sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum yang berpedoman pada asas LUBER JURDIL (Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur, dan Adil).

“Saya berharap Anggota PPK yang telah mendaftar memiliki niat yang kuat untuk bekerja sesuai ketentuan perundang-undangan, kode etik penyelenggara pemilu, bekerja secara profesional, berintegritas, bertanggung jawab dan transparan. Dan memegang teguh prinsip KPU Melayani,” harap Aof.

Komitmen KPU Kabupaten Kuningan untuk meningkatkan kualitas demokrasi di Pilkada 2024 tercermin dalam persiapan pemungutan suara dan penghitungan suara yang akan dilangsungkan pada 27 November 2024.

Aof menyampaikan ada empat kecamatan yang belum memenuhi standar dua kali kebutuhan pendaftar, yaitu Pancalang, Hantara, Cilebak, dan Cimahi. Sesuai dengan KPT 476, pendaftaran untuk keempat kecamatan tersebut akan diperpanjang selama tiga hari mulai tanggal 30 April 2024.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *