Uncategorized

Mudik Lebaran 2024, Ditjen Hubdat Dorong Pemasangan PJU di Jalur Rawan Pantura Jabar

CiremaiNews.com, Cirebon – Hadapi arus mudik dan balik Lebaran 2024, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan RI memberikan instruksi kepada Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) terkait pemasangan penerangan jalan umum (PJU) di Jalur Pantura Jawa Barat.

Langkah ini diambil sebagai upaya pencegahan dan penanganan kecelakaan di ruas jalan tersebut, menindaklanjuti tingginya risiko kecelakaan pada periode tersebut.

Instruksi ini diberikan untuk memasang lampu PJU di titik-titik tertentu yang dianggap rawan kecelakaan, sebagai upaya pencegahan dan penanganan kecelakaan di ruas jalan tersebut, terutama pada saat arus mudik dan balik lebaran 2024.

“Kaitan dengan rawan kecelakaannya seperti itu. Memang apabila disitu disinyalir lokasi rawan kecelakaan dan disitu memang salah satu pendukungnya itu tidak lampu penerangan jalan. Kita sudah menginstruksikan dari kantor pusat untuk melaksanakan pemasangan,” ujar perwakilan Ditjen Perhubungan Darat, Iswandi, kepada wartawan saat ditemui di Kantor Astra Tol Cipali, Subang, Kamis (21/03/2024)

Ia juga menekankan bahwa suksesnya pelaksanaan angkutan lebaran (angleb) 2024 tidak terlepas dari kesiapan dan kerjasama antara berbagai stakeholder. Seperti kata dia, terkait infrastruktur jalan yang memang menjadi kewenangan Kementerian PUPR.

“Suksesnya pelaksanaan angleb (angkutan lebaran) ini tidak terlepas dari beberapa stakeholder. Kalau dari sisi rekan-rekan, kesiapan dari sisi sarana prasarana mungkin dari Kementerian PUPR, untuk menyelesaikan kapan waktu penyelesaian konstruksi (perbaikan ruas jalan rusak) itu,” katanya.

Dengan langkah-langkah ini, diharapkan keselamatan dan kelancaran lalu lintas di Jalur Pantura Jawa Barat dapat terjamin, terutama dalam menghadapi arus mudik dan balik Lebaran. (Effendi)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *