Pemilu 2024

Panwascam Klangenan Gelar Bimtek Minta Media Edukasi Masyarakat Soal Pemilu

Ciremainews.com, Cirebon,- Panwascam Klangenan menggelar bimbingan teknis (Bimtek) dalam rangka untuk mensukseskan Pemilu 2024.

Pada kesempatan itu Ketua Panita Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Klangenan, Kabupaten Cirebon, Faqih Al Farisi meminta media untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait Pemilihan umum (Pemilu) 2024. Karena media dianggap mempunyai peranan penting pada pelaksanaan Pemilu.

“Kita mengajak rekan rekan media untuk bekerjasama mengedukasi masyarakat agar masyarakat mengerti tentang pemberitaan pemilu yang berkaitan dengan pelanggaran Pemilu dan Pilkada serta para abdi negara,” ujarnya saat kegiatan bimbingan teknis terkait pelaksanan pengawasan kampanye, Selasa (19/12/2023).

Dikatakan Faqih, ASN dilarang berpolitik praktis sebagaimana yang telah diatur dalam UU No. 5 th 2014 dan ASN diamanatkan untuk tidak berpihak dari segala pengaruh manapun dan tidak memihak kepentingan siapa pun. Serta ASN dilarang keras untuk terlibat dalam pilkada dengan mempromosikan kadidat tertentu karena ASN itu harus netral dan profesional.

“ASN harus bebas dari penggaruh dan intervensi oleh golongan dan parpol ASN boleh datang ke tempat kampanye akan tetapi harus melepas semua atributnya dan dia hanya pasif,” ungkapnya

Menurutnya, media harus memberikan informasi yang benar kepada masyarakat agar informasi itu mampu mengedukasi sehingga masyarakat mampu hadir sebagai pengawas partisifatif dan mampu untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran pemilu yang akan terjadi di masyarakat.

Faqih juga mengatakan, dalam menghadapi tahapan pemilu serentak tahun 2024 dan untuk mewujudkan pemilu yang demokratis, berintegritas dalam mewujudkan pemimpin yg berkualitas dan berintegritas pula. “Media juga diminta untuk sama-sama mengawasi peran ASN yang melanggar aturan aturan bisa di publikasikan namun itu harus dengan data yang lengkap, agar tidak terkesan berita hoax,” pungkasnya. (Effendi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *