BudayaheadlineJabarnesiaKabupaten Kuningan

Pj Bupati Kuningan Lantik Eman Roheman Sebagai Ketua Paguyuban Seni dan Budaya

CiremaiNews.com, Kuningan – Upaya meningkatkan kualitas seni dan kebudayaan yang dikelola oleh masyarakat Kabupaten Kuningan semakin terwujud dengan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Ketua dan Pengurus Paguyuban pimpinan seni dan budaya se-kabupaten. Acara tersebut, yang diselenggarakan di Auditorium Kompleks Gedung Naskah Linggajati pada Sabtu (17/02/2024), menjadi momen bersejarah bagi paguyuban seni dan budaya.

Pj Bupati Kuningan, Dr. Drs. H. Raden Iip Hidajat, dengan tegas melantik saudara Eman Roheman sebagai Ketua Paguyuban Seni dan Budaya untuk memimpin periode tahun 2024-2027. Terpilih secara aklamasi, Eman Roheman menyatakan komitmennya untuk menguatkan peran serta seni dan budaya di Kabupaten Kuningan.

Dalam sambutannya, Eman Roheman menyampaikan terima kasih kepada Pj Bupati Kuningan dan Disdikbud Kuningan atas dorongan untuk membentuk kepengurusan paguyuban dengan payung hukum yang jelas. “Doakan kami untuk menjadi paguyuban yang dapat menguatkan peran serta seni dan budaya di Kabupaten Kuningan sehingga memiliki nilai ekonomis dan dikenal masyarakat luas,” ujarnya.

Pj Bupati Kuningan turut mengapresiasi upaya Disdikbud yang senantiasa mendorong pembentukan pengurus paguyuban seni. Iip Hidajat menyebut pelantikan ini sebagai tonggak awal peningkatan tataran pegiat seni dan kebudayaan di Kabupaten Kuningan.

“Kita bersyukur di Kuningan memiliki banyak sekali kebudayaan dan situs-situs cagar alam. Tugas kita bersama adalah merawat dan menjaga budaya yang teramat mahal ini,” ungkap Iip.

Iip mendorong paguyuban seni dan Disdikbud Kuningan untuk menginventarisir setiap warisan budaya atau cagar alam. Menurutnya, hal ini dapat meningkatkan fokus Pemerintah dalam memajukan pariwisata kebudayaan.

“Dengan kedatangan wisatawan yang semakin bertumbuh, pegiat seni dan budaya akan menjadi pemain kunci dalam menggerakkan perekonomian ke arah yang lebih maju,” tambah Iip.

Usai melantik dan memberi arahan pada kepengurusan paguyuban seni dan budaya, Pj Bupati Kuningan melanjutkan dengan temu audiensi bersama pamong budaya di berbagai kecamatan. Harapannya adalah mendengar saran dan masukan untuk lebih memajukan dan melestarikan kekayaan budaya Kabupaten Kuningan. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *