Pramuka MPC : JOTA JOTI Nasional 2023 dan Inovasi Teknologi Kepanduan

Pelaksanaan JOTA JOTI 2023 Pramuka MPC

CiremaiNews.com, Kuningan – JOTA-JOTI Nasional Tahun 2023  di Kabupaten Kuningan dipimpin oleh Ketua ORARI Kabupaten Kuningan Diding Haer Afandi yang diaksanakan secara offline dan online. MTs PUI Cikaso menjadi salah satu sekolah yang ikut mengikutinya. Dipandu oleh Pembina Pramuka MPC (Mts PUI Cikaso) Totong Patoni dan Yoga Pratama.
Dalam sambutannya Diding Haer Affandi menyampaikan, “ JOTAJOTI Nasional Tahun 2023 juga merupakan ajang persaudaraan dan kerukunan antar anggota Gerakan Pramuka sebagai wujud pengamalan nilai Satya dan Dharma Pramuka. Kegiatan JOTA JOTI Nasional Tahun 2023 ini juga dimaksudkan sebagai pertisipasi Gerakan Pramuka pada kegiatan WOSM yang menyelenggarakan JOTA/JOTI Internasional.”

Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan, yang bergerak pada bidang pendidikan non formal bagi peserta didiknya untuk membentuk karakter, menambah pengetahuan dan keterampilan juga mempersiapkan diri peserta didik untuk bersaing sabagai kader-kader pemimpin bangsa. Kegiatanya dilaksanakan di luar lingkungan sekolah dan  keluarga dengan bentuk kegiatan yang menarik, menantang, menyenangkan dan terarah dan dilakukan dengan prinsip dasar dan metode kepramukaan yang sasarannya adalah pencapaian Spritual, Emosional, Sosial, Intelektual dan Fisik (SESOSIF).

Sebagai tempat pertemuan anggota Pramuka baik secara langsung maupun tidak langsung, terciptanya kader-kader Gerakan Pramuka yang paham dengan proses pendirian stasiun amatir radio berikut segala perizinan dan penggunaannya.  Terdidiknya anggota pramuka tentang pemanfaatan media-media internet yang baik dan benar dalam rangka penyelengaraan kegiatan positif juga produktif.

Jamboree On The Air (JOTA) Nasional ke-86 dan Jamboree On the Internet (JOTI) Nasional ke-44 dilaksanakan pada tanggal 20 – 22 Oktober 2023. Bertempat di Stasiun Induk Pengawas dan Pengendali JOTA (YH0S) dan Stasiun Induk JOTI berkedudukan di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur dan setiap sekolah yang mengikutinya sebagai peserta termasuk juga MTs PUI Cikaso. 

Kegiatan Jambore On The Air Nasional ke-86 dan Jambore On the Internet Nasional ke-44  dilaksanakan dan disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing. Khusus untuk kegiatan JOTA, komunikasi yang dilakukan dengan dukungan anggota ORARI dan menggunakan perangkat Radio Amatir di seluruh Band Amatir Radio dengan berpedoman kepada RADIOGRAM yang dikeluarkan oleh ORARI Pusat dan akan diumumkan dalam Nusantara Net 40 meter Band sebelum Kegiatan JOTA berlangsung. Mode yang digunakan dapat disesuaikan dengan kemampuan Stasiun Amatir Radio yang digunakan. 

“JOTA JOTI ini bertujuan untuk mengarahkan anggota Gerakan Pramuka untuk lebih paham dalam memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi positif dan sebagai sarana komunikasi yang efektif dan efisien bagi anggota Pramuka di seluruh lndonesia serta menyalurkan minat dan bakat juga meningkatkan keterampilan yang dilakukan melalui media radio amatir dan internet,” sambungnya. 

“Selain itu untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuan Pramuka Penegak dan Pandega di bidang amatir radio dan pemanfaatan penggunaan internet, mengasah pengetahuan tentang isu-isu nasional dan global terkait perkembangan zaman juga melatih keterampilan komunikasi peserta didik agar mampu menjadi kader-kader pembawa perubahan dan mampu maju dan bersaing diera globalisasi ini,” pungkasnya.(Vera)***

  • Related Posts

    Persiapan Porprov 2025, Pj Bupati Cirebon Optimis Para Atlet Bawa Kabupaten Cirebon Berprestasi

    CiremaiNews.com, Cirebon,- Pj Bupati Cirebon, H. Wahyu Mijaya, membuka secara resmi tes parameter atlet untuk persiapan menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2025.

    Dr Alfan Kembalikan Formulir Cabup Kuningan, PKS – Nasdem Rajut Nostalgia Pilpres

    Persiapan untuk kontestasi Pilkada 2024 yang semakin dekat, DPD PKS Kuningan telah meningkatkan upaya konsolidasi politik mereka. Fokus utama konsolidasi ini adalah dukungan yang kuat untuk Dr. Alfan Syai’i sebagai calon Bupati Kuningan.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Berita Lainnya

    Polresta Cirebon Amankan 3 Orang Pengguna Narkoba

    Polresta Cirebon Amankan 3 Orang Pengguna Narkoba

    Pj Bupati Cirebon Dukung Implementasi Sertifikat Tanah Elektronik untuk Tingkatkan Keamanan dan Efisiensi

    Pj Bupati Cirebon Dukung Implementasi Sertifikat Tanah Elektronik untuk Tingkatkan Keamanan dan Efisiensi

    Jaring Atlit Berprestasi Kabupaten Cirebon Siap Gelar Porkab dan Tarkam

    Jaring Atlit Berprestasi Kabupaten Cirebon Siap Gelar Porkab dan Tarkam

    PT Kereta Api Indonesia Gelar Pelayanan Kesehatan Gratis di Jalur Kereta Api Melalui Rail Clinic

    PT Kereta Api Indonesia Gelar Pelayanan Kesehatan Gratis di Jalur Kereta Api Melalui Rail Clinic

    KPU Majalengka Coklit Al Mizan, Kiai Maman Ucapkan Apresiasi Jelang Pilkada 2024

    KPU Majalengka Coklit Al Mizan, Kiai Maman Ucapkan Apresiasi Jelang Pilkada 2024

    Pelantikan Lasqi Nusantara Jaya, Diharapkan Sebagai Media Dakwah Islami

    Pelantikan Lasqi Nusantara Jaya, Diharapkan Sebagai Media Dakwah Islami