BudayaCirebonheadlineHiburanjawa barat

Seniman dan Budayawan Meriahkan Grebek Cirebon Katon

CiremaiNews.com, Cirebon,- Grebek Cirebon Katon rangkain hari jadi Kabupaten Cirebon ke 542 di meriahkan oleh para seniman, budayawan bahkan para penari dari sejumlah wilayah kabupaten Cirebon.

Pada momentum tersebut Bupati Cirbeon Imron, membuka secara resmi kegiatan Grebeg Cirebon Katon, yang diselenggarakan di SOR Watubelah Sumber Kabupaten Cirebon, pada Senin Malam 13 Mei 2024.

Imron menuturkan Kegiatan Grebeg Cirebon Katon merupakan salah satu bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi ke 542 Kabupaten Cirebon.Ia juga mengapresiasi keterlibatan para budayawan Cirebon dalam memeriahkan kegiatan Grebeg Cirebon Katon ini.

“Apalagi, pada pembukaan kegiatan, dilaksanakan tari kolosal yang dilakukan oleh sebanyak 500 penari, dari sejumlah wilayah di Kabupaten Cirebon.Kami ucapkan terima kasih kepada para budayawan, yang terus melanggengkan budaya di Cirebon,” tuturnya. Selasa (14/05/2024)

Menurut Imron, sebagai penerus, sudah sepatutnya seluruh masyarakat Kabupaten Cirebon, untuk bisa melestarikan budaya dan kearifan lokal yang ada di Kabupaten Cirebon.

Sehingga dirinya juga mengapresiasi kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), yang terus menyelenggarakan kegiatan-kegiatan, yang bertujuan untuk melestarikan budaya Cirebon, sekaligus mengenalkan Kabupaten Cirebon kepada masyarakat luas.

” Saya sangat mengapresiasi gerakan yang dilakukan oleh Disbudpar Kabupaten Cirebon,” kata Imron.

Imron juga menjelaskan mengenai tagline yang digunakan oleh Kabupaten Cirebon ini, yaitu Cirebon Katon. Menurut Imron, tagline ini diharapkan bukan hanya bisa menunjukkan hal-hal yang baik saja, yang ada di Kabupaten Cirebon, namun juga permasalahan yang ada.

Sehingga nantinya, jika memang yang katon (kelihatan) adalah yang baik, maka pemerintah akan terus pertahankan dan tingkatkan. Sedangkan jika yang katon adalah yang jelek, maka pihaknya akan siap melakukan perbaikan.

” Saya juga meminta maaf, jika pada saat saya memimpin, masih terdapat kesalahan dan kekurangan,” kata Imron.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cirebon, Drs. Abraham Mohammad, M.Si mengatakan, bahwa saat ini minat wisatwan untuk berkunjung ke Kabupaten Cirebon masih rendah.

Sehingga menurut Abraham, kegiatan Grebeg Cirbeon Katon ini, merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah, untuk menggenjot minat wisatawan mancanegara dan domestik ke Kabupaten Cirebon.

” Karena dengan meningkatnya kunjungan wisatawan ke Kabupaten Cirebon, akan membuat perekonomian Kabupaten Cirebon juga terangkat,” katanya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *