BudayaIndramayu

Tradisi Unjungan Desa Plumbon, Penghormatan Leluhur Tahunan di Indramayu

CiremaiNews.com, Indramayu – Kabupaten Indramayu, yang kaya akan tradisi leluhur, kembali menggelar Tradisi Unjungan di Desa Plumbon pada Jumat (10/05/24). Tradisi ini, yang berlangsung antara bulan Muharam dan Safar setiap tahun, merupakan bentuk penghormatan terhadap adat istiadat setempat.

Acara ini dihadiri oleh Pj Kuwu Plumbon, Hj. Lilis Lestiawati S.Kep, para tokoh agama, dan warga Desa Plumbon. Tradisi Unjungan, yang dianggap sakral di Kabupaten Indramayu, bertujuan untuk menjunjung tinggi nilai-nilai adat dan memperkuat ikatan sosial antar warga. Inti dari Tradisi Unjungan adalah ziarah dan doa bagi para leluhur yang telah berpulang.

Selain itu, acara ini juga menjadi kesempatan untuk mempererat silaturahmi antar warga Desa Plumbon. “Tradisi Unjungan merupakan kegiatan tahunan yang dibiayai dari sumbangan warga,” kata Hj. Lilis Lestiawati S.Kep saat berbicara dengan media.

Warga disuguhkan pertunjukan sandiwara oleh Darma Saputra, dan diakhiri dengan doa bersama. Pj. Kuwu Plumbon, Hj. Lilis Lestiawati S.Kep, berharap Tradisi Unjungan akan membawa berkah dari Allah SWT dan menjaga keselamatan serta kesejahteraan warga Desa Plumbon.(Firman) ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *