headlinePemilu 2024

Ketua KPU Kabupaten Kuningan bersama Kapolres Kawal Hari Pertama Sortir Lipat Kertas Surat Suara

CiremaiNews.com , Kuningan – Sortir lipat kertas surat suara mulai dilaksanakan, atas beberapa pertimbangan untuk tempat yang presentatif sortir lipat akhirnya menentukan kantor BPSDM dan menggunakan empat ruangannya sebagai lokasi sortir lipat, Senin (9/1/2024) bertempat di Kantor BKPSDM Kabupaten Kuningan.


Ketua KPU Kabupaten Kuningan Asep Budi Hartono juga menyampaikan permintaan maaf, karena tidak semua pengajuan sebagai tenaga sortir lipat bisa diterima. Karena dari seribu warga kuningan yang ingin ikut lipat sortir ini, akhirnya terpilih 660 orang.

Sebanyak 620 orang sebagai tenaga lipat sortir dan 40 orang sebagai tenaga angkut.
Untuk kapasitas Ruang Sajati 1 sebanyak 250 penyortir, Ruang Sajati 2 sebanyak 150 penyortir. Dan 2 ruang kelas masing-masing 110 orang penyortir.

Untuk sortir lipat juga dimulai dari yang terkecil sebagai bentuk pelemasan terlebih dulu. Dimulai dari surat suara presiden dan wakil presiden, kemudian DPD, DPRD Kabupaten Kota per dapil didahulukan, dan ketika sampul dan C1 datang, bisa langsung pengesetan surat suara.


“Ketertarikan masyarakat untuk menjadi tenaga sortir lipat itu bisa disebabkan tergiur oleh upah yang dihitung per lembar sebesar Rp.220/lembar untuk surat suara Presiden dan wakil Presiden dan Rp. 260 rupiah untuk surat suara lainnya. Upah ini disesuaikan menurut UMR yang berlaku,” ujar Ketua KPU Kabupaten Kuningan.


Sfesifikasi tenaga sortir lipat saat ini dipilih melalui seleksi kelayakan umur, juga chek nik dan sitpol, untuk menghindari adanya upaya kecurangan, tidak tercatat sebagai anggota salah satu partai. Selain itu Ketua KPU Kabupaten Kuningan Asep Budi Hartono menyampaikan harapannya terkait pelaksanaan pemilu 2024.


Proses sortir lipat ini juga ditinjau langsung oleh Kapolres Kuningan AKBP Willy Andian, Anggota KPU Kabupaten Kuningan Aof Ahmad Mushafa, Bawaslu Kuningan, Unsur TNI dan Polri.


“Semoga Proses Pemilu serentak 2024 bisa berjalan dengan lancar, sesuai dengan aturan yang berlaku, sukses tanpa ekses, baik satu atau dua putaran nantinya,” pungkasnya. (ve)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *