CirebonJabarnesia

Meriahnya Mapag Kanjeng Dalem dalam Peringatan Hari Jadi ke-542 Kabupaten

CiremaiNews.com, Cirebon, Selasa, 2 April 2024, merupakan hari bersejarah bagi Kabupaten Cirebon yang memperingati ulang tahunnya yang ke-542 dengan penuh khidmat.

Rangkaian hari jadi Kabupaten Cirebon acara dimulai dengan gemerlapnya Mapag Kanjeng Dalem yang disertai dengan irama gamelan renteng, menyemarakkan semangat tradisional yang kental. Acara kemudian mencapai puncaknya dengan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Cirebon di Gedung Abhimata DPRD.

Dalam balutan busana tradisional, Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, Bupati Cirebon, H. Imron, dan Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, bersama dengan sejumlah pejabat dan anggota DPRD, turut serta dalam prosesi kenegaraan yang memperingati lahirnya Kabupaten Cirebon.

Dalam sambutannya, Bupati Imron menyatakan harapannya bahwa peringatan hari jadi akan memberikan manfaat multi dimensi, menjadi momen refleksi atas pengabdian sepanjang tahun, serta mendorong semangat membangun daerah dengan kinerja terbaik.

“Hari jadi adalah tonggak sejarah yang memacu semangat membangun daerah. Implikasinya sangat berbobot, dalam mengisi pembangunan skala nasional,” ungkap Imron.

Imron menekankan pentingnya keselarasan hari jadi dengan semangat nasionalisme untuk memperkuat cinta pada bangsa dan negara.

Lebih lanjut, Bupati Imron menyampaikan bahwa Kabupaten Cirebon memiliki kekayaan budaya dan sejarah yang unik, seperti bangunan bersejarah, keraton, dan pusat syiar Islam Gunung Jati. ” Seni budaya yang khas, kuliner beragam, serta potensi geografis yang strategis, menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakatnya,” ujarnya.

Dalam upaya mewujudkan visi misi daerah, Imron menegaskan perlunya meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pemenuhan kebutuhan dasar, pendidikan, kesehatan, dan ekonomi. ” Selain itu, produktivitas masyarakat juga harus ditingkatkan untuk meningkatkan daya saing daerah di tingkat nasional dan internasional,” tutur Imron.

Peringatan Hari Jadi ke-542 tahun 2024 mengusung tema “Cirebon Sun Kelangon”, yang artinya Cirebon Saya Rindu Berat, mencerminkan kerinduan akan kemajuan dan kebersamaan.

Imron juga mengucapkan terima kasih kepada para pemimpin pendahulu dan tokoh masyarakat atas kontribusi dan prestasi mereka dalam memajukan daerah ini, serta kepada seluruh masyarakat Kabupaten Cirebon atas partisipasi dan dukungannya.

” Dengan semangat yang menyala-nyala, Kabupaten Cirebon bersiap untuk melangkah maju dan membangun bersama menuju masa depan yang gemilang,” pungkasnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *